Sukses

Hujan Es dan Banjir Landa Wilayah Selatan AS

Liputan6.com, Jakarta- Hujan es yang dahsyat, tornado, dan banjir melanda wilayah selatan Amerika Serikat pada Rabu malam (28/4) waktu setempat - merusak sejumlah bangunan dan rumah warga.

Banjir dilaporkan terjadi di barat daya Missouri dan barat laut Arkansas karena cuaca buruk dan hujan lebat melanda kota-kota di wilayah tersebut.

Di Texas, badai petir supercel membuat National Weather Service di AS mengeluarkan peringatan tornado hingga Kamis pagi (29/4).

Badan pelacak pemadaman listrik di AS, PowerOutage.US mengatakan ada lebih dari 28.000 rumah warga kehilangan aliran listrik.

Selain itu, hujan es besar juga melanda kota-kota di Texas, yaitu San Antonio dan Fort Worth.

Di Oklahoma, foto-foto yang beredar menunjukkan hujan es ekstrim yang merusak mobil, pertokoan, dan rumah-rumah warga.

Warga sekitar Kota Norman, Oklahoma melaporkan turunnya hujan es dengan ukuran hingga sebesar bola baseball pada Rabu malam, demikian seperti dikutip dari FOX News, Jumat (20/4/2021).

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Gerai Toko-Restoran Laporkan Kerusakan

Sebuah rekaman video menunjukkan gerai Walmart lokal dihujani hujan es dan air yang bocor berjatuhan dari atap.

Jendela kaca besar gerai Taco Bell di 24th Street di kota Norman juga pecah. 

Melalui Twitter, National Weather Service AS melaporkan kecepatan angin mencapai hingga 75 mph.

"Badai berbahaya, dengan sejarah memunculkan hujan es seukuran bola baseball dan angin 75mph terus bergerak ke timur melalui pusat Oklahoma," kata  National Weather Service.

"Jika Anda berada di Pink, Bethel Acres, dan Shawnee, berhati-hatilah dengan badai berbahaya ini dan berlindung!," terangnya.

Outlet media lokal, KOCO melaporkan bahwa polisi Norman belum menerima laporan tentang adanya sesorang yang terluka akibat badai.

Ahli meteorologi online memperkirakan bahwa kerusakan akibat hujan es di Texas dan Oklahoma akan mengakibatkan kerugian ratusan juta atau hingga lebih dari US$ 1 miliar.

Intensitas badai diperkirakan akan menurun di Texas dan Oklahoma pada Kamis (29/4) waktu setempat, dengan suhu yang memanas.

Menurut Forbes, hujan es pada musim semi kerap terjadi di bagian tengah AS, seperti badai petir supercell yang "didorong oleh arus angin yang berputar".

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Hindari Penularan COVID-19 Saat Musim Hujan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.