Sukses

Inilah Penampakan Bumi dengan Tingkat CO2 yang Melebihi Batas Wajar

Tingkat CO2 terakhir kali setinggi hari ini, air laut menenggelamkan tanah di mana kota-kota besar seperti Houston, Miami, dan New York City sekarang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika tingkat CO2 di Bumi melebihi batas wajar pada suatu masa, air laut menenggelamkan tanah di mana kota-kota besar seperti Houston, Miami, dan New York City sekarang ada.

Ini adalah masa yang disebut Pliosen atau pertengahan Pliosen, sekitar 3 juta tahun yang lalu, ketika permukaan laut sekitar 30 kaki lebih tinggi (tetapi mungkin lebih tinggi ) dan unta raksasa tinggal di hutan Arktik yang tinggi. Pliosen adalah dunia yang jauh lebih hangat, kemungkinan sekitar 5 derajat Fahrenheit (sekitar 3 derajat Celcius) lebih hangat daripada suhu pra-Industri pada akhir 1800-an. 

Sebagian besar Arktik, yang saat ini sebagian besar tertutup es, telah mencair. Tingkat karbon dioksida yang memerangkap panas, pengatur suhu utama, berkisar sekitar 400 bagian per juta, atau ppm. Saat ini, level tersebut serupa tetapi terus meningkat, sekitar 418 ppm .

Umat ​​manusia saat ini sedang dalam jalur untuk menghangatkan Bumi hingga suhu seperti Pliosen pada akhir abad - kecuali negara-negara secara ambisius memangkas emisi karbon dalam beberapa dekade mendatang. Permukaan laut, tentu saja, tidak akan langsung naik hingga puluhan kaki: Lapisan es setebal mil membutuhkan waktu berabad-abad hingga ribuan tahun untuk mencair. 

Menurut Mashable SE Asia, secara kritis, umat manusia sudah menyiapkan panggung untuk kembali ke iklim Pliosen yang relatif cepat, atau iklim setidaknya lebih hangat dari sekarang. Ini terjadi dengan cepat. Ketika CO2 secara alami meningkat di atmosfer, kantong udara purba yang terawetkan dalam es menunjukkan kenaikan CO2 ini terjadi secara bertahap, selama ribuan tahun. 

Tapi hari ini, tingkat karbon dioksida meroket saat manusia membakar bahan bakar fosil yang terkubur lama.

"CO2 di atmosfer telah naik 100 ppm dalam hidup saya," kata Kathleen Benison, seorang ahli geologi di West Virginia University yang meneliti iklim masa lalu. "Itu sangat cepat secara geologis."

"Anda tidak perlu menjadi ilmuwan untuk menyadari sesuatu yang benar-benar aneh sedang terjadi, dan hal aneh itu adalah manusia," kata Dan Lunt, seorang ilmuwan iklim di Universitas Bristol yang meneliti Pliosen.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pliosen Bermasalah

Tentu, butuh waktu lama bagi permukaan laut untuk bisa mengejar pemanasan Bumi. Tetapi dengan banyak cara lain, planet ini sudah bereaksi terhadap pemanasan sekitar 2 F (1,1 C) sejak akhir 1800-an: Kebakaran hutan melonjak di AS, lapisan es Antartika utama tidak stabil, gelombang panas menghancurkan rekor, badai sedang intensif, dan seterusnya.

Lebih banyak pemanasan akan semakin memperburuk konsekuensi dari peningkatan panas ini. Ini akan menjadi lebih buruk. Tapi apakah itu akan membuat Pliosen buruk? Itu terserah pada faktor persamaan iklim yang paling berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi: manusia.

"Tingkat CO2 akan meningkat," kata Lunt. "Kita bisa mencapai Pliosen dalam hal suhu. Tapi itu tergantung pada seberapa cepat kita mengeluarkan gas rumah kaca."

Beberapa perubahan yang didorong oleh manusia yang terjadi di Bumi saat ini tidak akan terbalik selama berabad-abad atau ribuan tahun. Sebagian besar, itu karena peradaban terus menyimpan banyak sekali karbon ke atmosfer setiap tahun, dan semua gas yang memerangkap panas ini tidak akan lenyap secara ajaib dari udara, bahkan jika kita langsung berhenti menambahkan karbon ke atmosfer. 

Sebaliknya, mereka akan berdampak pada planet ini - seperti laut yang naik secara bertahap dan lautan yang menjadi asam - setidaknya selama berabad-abad. Permukaan laut telah naik sekitar delapan hingga sembilan inci sejak akhir 1800-an, dan perkiraan konservatif, dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB, adalah permukaan laut akan naik satu hingga dua kaki lagi.pada akhir abad ini. 

Tapi, ini bisa jadi lebih seperti dua atau tiga kaki, atau bahkan lebih tergantung pada apa yang membersihkan gletser Thwaites (seukuran Inggris) Antartika yang kolosal dan mencair ke laut abad ini.

"Kenaikan permukaan laut dan pengasaman laut bersifat permanen pada skala waktu manusia," kata Julie Brigham-Grette, ahli geologi di Universitas Massachusetts Amherst yang meneliti bagaimana Arktik telah berubah sejak Pliosen.

Pliosen pasti tidak bisa memberi kita semua jawaban untuk tujuan kita. Kita tidak tahu, misalnya, seberapa cepat laut naik selama periode yang sangat jauh ini.

Tapi Pliosen memang menunjukkan kepada kita betapa sensitifnya bagian-bagian Bumi terhadap pemanasan beberapa derajat saja. Misalnya, sebagian besar lapisan es Greenland yang luas, yang berukuran dua setengah kali ukuran Texas, mencair selama Pliosen yang lebih hangat. Dan bukti kuno dari pantai-pantai di masa lampau , yang berasal dari zaman Pliosen, menunjukkan di mana garis pantai masa lalu terbentang: Ketinggian rata-rata 30 kaki atau lebih tinggi dari hari ini tidak menyenangkan.

"Itu berarti lapisan es sangat sensitif terhadap jumlah pemanasan yang sedang," kata Rob DeConto, seorang profesor klimatologi di Universitas Massachusetts Amherst yang mempelajari respons lapisan es terhadap iklim yang memanas.

Ini bukan pertanda baik bagi peradaban manusia, yang padat penduduk di garis pantai. "Di situlah peradaban membangun sebagian besar infrastrukturnya," kata DeConto. "Kami adalah spesies yang condong ke pantai."

3 dari 3 halaman

Kehangatan Pliosen

Tingkat CO2 bumi selalu goyah secara alami. Manusia tidak ada (dan tidak akan ada selama jutaan tahun) selama Pliosen - meskipun nenek moyang primata berbulu kita sudah berjalan di sekitar Afrika pada saat itu.

Jadi, apa yang menjelaskan tingginya tingkat CO2 Pliosen (400 ppm) tanpa dunia mobil yang boros bahan bakar dan pembangkit listrik tenaga batu bara? Jawabannya ada di dalam waktu yang lama.

Jauh sebelum Pliosen, tingkat CO2 sangat tinggi selama usia dinosaurus (yang berakhir 65 juta tahun lalu), mungkin sekitar 2.000 hingga 4.000 ppm . Emisi CO2 yang luar biasa, dari vulkanisme yang tak henti-hentinya dan ekstrem, memanaskan Bumi dan memungkinkan dinosaurus berkeliaran di Antartika yang gerah. 

Tetapi selama jutaan tahun, proses alami bumi, khususnya proses yang lambat, menggiling, tetapi proses kuat dari bebatuan yang menyerap CO2 dari atmosfer yang disebut "termostat batuan", secara bertahap mengurangi tingkat CO2 hingga sekitar 400 ppm selama Pliosen. 

Setelah Pliosen, Bumi terus menarik CO2 dari udara, akhirnya mengendap tingkat CO2 antara sekitar 200 hingga 280 ppm selama zaman es yang lebih baru, ketika mamut, mastodon, dan kungkang raksasa mendominasi bumi yang lebih dingin, dan manusia akhirnya muncul. Tetapi umat manusia, dengan menggali dan membakar bahan bakar fosil dengan cepat, kini telah mengembalikan CO2 ke tingkat Pliosen.

"Kami, dalam 150 tahun, telah sepenuhnya membalik semua yang telah dilakukan 'termostat batu' dalam 3 juta tahun terakhir," jelas Brigham-Grette. "Peralihan dari Kutub Utara yang hangat ke yang dingin yang memiliki lapisan es membutuhkan waktu satu juta tahun. Kami melompat keluar dari sana dalam waktu kurang dari 150 tahun."

Memang, Arktik telah berubah secara dramatis hanya dalam 40 tahun terakhir. Es laut Arktik menurun drastis. Greenland mencair keluar dari grafik .

Untungnya, umat manusia masih memiliki kemampuan untuk menstabilkan suhu bumi abad ini pada tingkat yang akan menghindari dampak bencana seperti badai yang lebih ekstrim, kerusakan karang, panas yang menghukum, dan seterusnya. 

Tapi, saat ini, kita berada di jalur menuju iklim 3 juta tahun yang lalu. Dan dalam beberapa hal - terutama CO2 di atmosfer - kita sudah berada di sana.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.