Studi: Wanita yang Konsumsi Vitamin Ini Punya Risiko Rendah Terinfeksi COVID-19

Oleh Liputan6.com pada 25 Apr 2021, 10:26 WIB
Diperbarui 25 Apr 2021, 10:56 WIB
Ilustrasi vitamin
Perbesar
Ilustrasi vitamin (dok.unsplash/ Kayla Maurais)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian baru mengungkapkan, wanita yang secara teratur mengonsumsi suplemen tertentu bisa mengurangi risiko tertular infeksi COVID-19.

Sementara gagasan bahwa mengonsumsi suplemen dan multivitamin dapat membantu mencegah seseorang terkena virus telah beredar cukup lama, hasil dari studi dan survei baru menunjukkan bahwa wanita yang mendapat asupan nutrisi tambahan secara teratur seperti vitamin D, probiotik, dan asam lemak omega-3 memiliki kemungkinan lebih rendah untuk dites positif terkena infeksi.

Melansir Sea Mashable, hasil studi tersebut dipublikasikan dalam jurnal BMJ Nutrition Prevention & Health, dan mempelajari data yang berasal dari 445.000 individu dari Inggris, AS, dan Swedia.

Dari jumlah itu, tim melihat lebih dalam hasil dari 372.000 peserta yang berbasis di Inggris, dan menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen khusus ini - probiotik, asam lemak omega-3, dan multivitamin atau vitamin D - memiliki risiko lebih rendah untuk terinfeksi. virus corona sekitar sembilan hingga 14 persen. Hasil serupa diamati pada wanita dari AS dan Swedia.

Anehnya, efek yang sama tidak diamati pada pria, meskipun tim berteori bahwa alasan untuk ini adalah bahwa wanita mungkin memiliki pendekatan perawatan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan dibandingkan dengan pria, yang memungkinkan mereka untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi pada awalnya. tempat.

"Wanita yang membeli vitamin mungkin juga lebih sadar kesehatan daripada pria, seperti lebih sering menggunakan masker wajah dan mencuci tangan," tim mencatat. "Memang, dalam data kami, kami menemukan bahwa wanita cenderung lebih sering memakai topeng daripada pria."

Tetapi sebelum Anda kabur untuk membeli botol multivitamin atau probiotik untuk melindungi diri dari virus, perlu dicatat bahwa mengonsumsi suplemen semacam itu bukanlah jaminan perlindungan yang pasti.

Temuan ini mungkin menunjukkan hubungan antara konsumsi suplemen ini, tetapi hingga saat ini, para ilmuwan telah menghindari klaim bahwa mengonsumsinya memberikan perlindungan yang lebih baik kepada wanita terhadap virus corona.

"Studi ini tidak dirancang untuk menjawab pertanyaan tentang peran suplemen nutrisi dalam COVID-19," kata Sumantra Ray , ahli gizi berbasis di Cambridge yang tidak terkait dengan penelitian tersebut.

"Ini masih merupakan bidang penelitian baru yang membutuhkan studi lebih mendalam sebelum kesimpulan tegas dapat ditarik tentang apakah suplemen nutrisi tertentu dapat mengurangi risiko infeksi COVID-19."

Masih Aman untuk Tubuh

Vitamin B12
Perbesar
Ilustrasi Mengonsumsi Makanan Sehat Credit: pexels.com/Lerrine

Tetapi secara keseluruhan, mudah untuk melihat mengapa asupan nutrisi semacam itu ke dalam tubuh setidaknya dapat membantu seseorang mencegah virus.

Suplemen seperti vitamin D diketahui membantu tubuh dalam melawan infeksi saluran pernapasan seperti flu atau pilek , dan lain-lain seperti probiotik telah tercatat bermanfaat - meskipun hanya sedikit - dalam membantu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.

Tetapi sementara menambahkan ini ke dalam makanan Anda mungkin terdengar seperti ide yang bagus, itu bisa mahal dalam jangka panjang jika Anda memilih untuk pergi dengan suplemen yang dibeli di toko. Namun beruntung bagi Anda, banyak dari nutrisi tersebut dapat diturunkan dengan cara lain yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan banyak uang.

Misalnya, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dengan menjemur diri di bawah sinar matahari setiap hari, dan Anda juga bisa mendapatkan dosis probiotik harian dengan mengonsumsi produk seperti yogurt atau kombucha.

Secara keseluruhan, Anda dapat dengan mudah meningkatkan asupan nutrisi berkualitas tinggi hanya dengan mengubah pola makan dan rutinitas - makan lebih banyak jenis makanan yang lebih sehat dan lebih banyak, dan pergi ke luar ruangan kapan pun Anda punya kesempatan.

Hanya beberapa perubahan pada gaya hidup harian Anda sudah cukup untuk memberi Anda nutrisi dan vitamin yang Anda butuhkan, dan meskipun mungkin tidak sepenuhnya melindungi Anda dari tertular COVID-19, itu pasti akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

 

Reporter: Lianna Leticia

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓