Sukses

Riset Ungkap Bahaya Terselubung dari Menyiram Toilet, Ternyata...

Sebuah studi baru telah mengungkapkan dengan tepat apa yang terjadi setiap kali Anda menyiram toilet, dan itu bisa sangat buruk bagi kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru telah mengungkapkan dengan tepat apa yang terjadi setiap kali Anda menyiram toilet, dan itu bisa sangat buruk bagi kesehatan Anda.

Studi ini, yang diterbitkan dalam jurnal Physics of Fluids, mengungkapkan bahwa menyiram toilet (utamanya toilet duduk) bisa menyebabkan sejumlah besar partikel aerosol kecil disemprotkan dari toilet ke udara sekitarnya, dan berpotensi membawa segala macam bakteri dan penyakit.

Jelas, kita tahu bahwa toilet - terutama toilet umum - bertindak sebagai rumah bagi segala macam nasties mikroskopis yang berpotensi membuat kita benar-benar sakit. Ini dapat berkisar dari hal-hal yang umum seperti keracunan makanan bug dan bakteri, hingga virus yang lebih berbahaya seperti ebola dan bahkan COVID-19.

Tim di balik penelitian bertujuan untuk melihat berapa banyak dari ini dapat disemprotkan ke atas oleh satu flush, dan mengatur penghitung partikel ditempatkan di berbagai ketinggian yang berbeda di sebelah toilet dan urinal di kamar mandi umum. Mereka mengukur tingkat aerosol di lingkungan sekitarnya baik sebelum dan sesudah pembilasan.

Siddhartha Verma, seorang profesor teknik mesin dari Florida Atlantic University mengatakan bahwa setelah menyiram toilet lebih dari 100 kali selama rentang tiga jam, mereka "menemukan peningkatan substansial dalam tingkat aerosol yang diukur di lingkungan sekitar, dengan jumlah total tetesan yang dihasilkan dalam setiap tes pembilasan berkisar hingga puluhan ribu."

Partikel Kotor di Udara

Mereka juga mencatat bahwa partikel-partikel yang sangat kecil ini dapat berkeliaran di udara selama 20 detik, dan menemukan bahwa jumlah partikel di udara meningkat setelah pembilasan, dengan partikel berukuran berbeda memiliki persentase yang berbeda meningkat.

"Baik toilet maupun urinoir menghasilkan tetesan dalam jumlah besar yang berukuran lebih kecil dari tiga mikrometer, menimbulkan risiko penularan yang signifikan jika mengandung mikroorganisme menular," jelas Verma. "Karena ukurannya yang kecil, tetesan ini dapat tetap ditangguhkan untuk waktu yang lama."

Tentu saja, tidak semua toilet dan urinal menghasilkan hasil yang sama. Studi ini menyoroti fakta bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi jumlah semprotan toilet setelah siram, seperti tekanan air, desain mangkuk toilet, dan kekuatan flush.

Temuan ini memperkuat hasil studi serupa yang dilakukan sebelum yang satu ini, dan sekali lagi menimbulkan beberapa pertanyaan mengenai keamanan sanitasi menggunakan toilet umum - dan selama pandemi, tidak kurang.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesimpulan dan Solusi

Meskipun mungkin besar meminta pembenahan lengkap mangkuk toilet dan desain urinal, penelitian ini memang menyarankan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan paparan individu terhadap partikel jahat seperti itu di udara.

Misalnya, banyak toilet umum dikenal memiliki ventilasi yang buruk, yang secara efektif menyebabkan partikel aerosol berlama-lama di udara lebih lama. Pemilik bangunan dapat menangani masalah ini dengan memperkenalkan ventilasi yang lebih baik di toilet mereka, seperti menambahkan jendela atau bahkan hisap kipas.

Satu solusi lain yang jelas adalah hanya mengenakan masker wajah yang dapat mengurangi jumlah aerosol yang Anda hirup ke dalam tubuh Anda. Jika Anda cukup paranoid, Anda bahkan dapat memilih salah satu yang menutupi seluruh wajah Anda, meskipun itu mungkin mengambil hal-hal yang sedikit terlalu jauh.

Juga, banyak yang mungkin berpikir untuk hanya menutup kursi toilet setiap kali mereka menyiram, tetapi tim mengatakan bahwa itu mungkin hanya membantu untuk tingkat tertentu. Ini karena aerosol memiliki kemampuan untuk melarikan diri melalui celah antara tutup dan mangkuk toilet itu sendiri.

Sekarang Anda menyadari jutaan bakteri dan virus yang berpotensi berbahaya di udara, mungkin hal terbaik untuk dilakukan lain kali adalah dengan hanya keluar masuk toilet umum secepat mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.