Sukses

Trik Mudah Memasak dan Mengupas Telur Rebus dengan Cepat

Terkadang, hal simple seperti merebus serta mengupas telur rebus bisa saja menjadi rumit. Bahkan koki rumahan yang paling putus asa mampu merebus telur hingga matang.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, hal simple seperti merebus serta mengupas telur rebus bisa saja menjadi rumit. Bahkan koki rumahan yang paling putus asa mampu merebus telur hingga matang.

Namun, mengupas telur itu setelah dingin adalah cerita yang berbeda. Jika Anda pernah kesulitan untuk memisahkan telur yang dimasak dari cangkangnya yang membandel, trik yang dibagikan oleh Lifehacker ini akan sangat meningkatkan rutinitas sarapan Anda.

Menurut Mental Floss, tips untuk memasak telur rebus yang mudah dikupas ini berasal dari Jacques Pépin, koki Prancis terkenal, penulis buku masak , dan tokoh televisi. Untuk mendapatkan telur rebus yang sempurna setiap kali, ia merekomendasikan untuk membuat lubang di ujung cangkang yang lebar sebelum memasukkannya ke dalam air mendidih. Ini akan melepaskan kantong udara di dalamnya, membuat telur lebih mudah dikupas setelah selesai dimasak. 

Berhati-hatilah saat menggunakan sesuatu yang kecil, seperti paku ibu jari, untuk membuat lubang kecil tanpa memecahkan cangkangnya.

Metode ini juga memecahkan masalah telur rebus lainnya. Setelah udara keluar dari cangkang, Anda tidak perlu khawatir telur Anda retak begitu terendam. Ini juga menangani masalah estetika. Tanpa gelembung udara, telur Anda akan keluar dengan ujung bulat yang halus, bukan yang rata.

Mengupas telur rebus adalah gangguan yang umum, dan juru masak telah menemukan banyak solusi kreatif. Jika Anda tidak memiliki paku payung, cobalah memasukkan telur rebus ke dalam bak es atau mengupasnya di bawah air untuk membuat prosesnya lebih lancar. Berikut tips lainnya untuk mengupas telur rebus di rumah.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Aman Dikonsumsi Meski Cangkang Berbintik

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap orang Amerika mengonsumsi rata-rata 279 butir telur pada tahun 2019, menjadikan kuning dan putih telur yang dipenuhi protein sebagai makanan pokok. Rendah kalori dan tinggi lemak sehat, telur serbaguna telah mendapatkan tempatnya di atas meja.

Namun, mengambil telur utuh dari wadahnya bisa menjadi proposisi yang menegangkan. Sementara banyak telur memiliki cangkang yang halus dan tidak bercela, beberapa telur hadir dengan benjolan yang menonjol, perubahan warna, atau bahkan bintik-bintik yang muncul setelah cangkangnya retak.

Mengapa beberapa telur terlihat tidak bagus secara estetika? Dan apakah telur ini aman dikonsumsi?

Dilansir dari Mental Floss, telur kelas AA adalah telur di rak paling atas (atau cangkang atas) yang memiliki kuning telur yang tebal dan putih serta cangkang yang tidak pecah. Telur kelas A pada dasarnya sama, meskipun putihnya tidak harus sekeras. Telur kelas B melonggarkan standar untuk putih dan kuning telur dan cangkang mungkin menunjukkan beberapa noda. Telur ini biasanya ditujukan untuk produk telur cair atau kering.

Telur kelas AA atau A bukan jaminan terhadap perubahan warna. Selain itu, tidak ada perbedaan kualitas yang nyata antara telur coklat dan telur putih (warnanya tergantung pada apakah ayam berbulu coklat atau bulu putih yang bertelur).

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.