Sukses

23 April 2021: 144,3 Juta Kasus COVID-19 Dunia, Tsunami Kasus di India

Update COVID-19 di seluruh dunia pada 23 April 2021.

Liputan6.com, Delhi - Kasus COVID-19 di dunia mencapai 144,3 juta pada Jumat (23/4/2021). India masih menghadapi terjangan tsunami kasus.

Kasus di India adalah yang tertinggi di Asia. Mulai ada negara yang menerapkan travel ban ke India untuk mencegah penyebaran varian COVID-19 dari negara tersebut.

Berikut 5 daftar negara dengan kasus COVID-19 tertinggi:

1. Amerika Serikat: 31,9 juta kasus

2. India: 15,9 juta

3. Brasil: 14,1 juta

4. Prancis: 5,4 juta

5. Rusia: 4,6 juta

AS memang mencatat kasus tertinggi, akan tetapi kasus hariannya sudah turun drastis sejak Januari 2021. Kasus harian di AS pada pekan ini sudah turun ke level 60 ribu per hari.

Sementara, kasus COVID-19 India justru naik hingga 300 ribu per hari. Negara lain yang menyaksikan kenaikan kasus adalah Turki yang kasus hariannya bisa tembus 60 ribu kasus per hari.

Kasus di Turki sudah tembus 4,5 juta kasus di posisi enam dunia.

Israel yang juara vaksinasi COVID-19 tampak sukses mengendalikan kasus. Total kasus di negara itu masih terkendali di kisaran 800 ribu. Penurunan terjadi dalam dua bulan terakhir.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Singapura Setop Kedatangan dari India Akibat Lonjakan COVID-19

Semua pemegang long-term visit pass dan pengunjung jangka pendek dengan riwayat perjalanan terbaru ke India dalam 14 hari terakhir tidak akan diizinkan masuk ke Singapura mulai 24 April, demikian diumumkan Kementerian Kesehatan (MOH) pada Kamis 22 April. 

Ini termasuk pengunjung yang transit di India, dan semua yang telah memperoleh persetujuan sebelumnya untuk masuk ke Singapura, katanya. 

Menurut laporan Channel News Asia, Jumat (23/4), situasi COVID-19 India memburuk dalam beberapa hari terakhir, dengan catatan harian kasus baru.  

Banyak pendatang baru dari India bekerja di sektor konstruksi, kelautan dan proses dan tinggal di asrama, kata Lawrence Wong, ketua bersama gugus tugas multi-kementerian COVID-19.

"Kami tahu bahwa langkah besar ini akan berdampak pada sektor konstruksi dan kelautan kami. Dan banyak UMKM dan kontraktor lokal yang akan terkena dampak buruk," katanya pada konferensi pers.

"Pemerintah akan berupaya memberikan langkah-langkah dukungan tambahan untuk membantu perusahaan-perusahaan ini."

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Tsunami