Cara Mengenali Modus Penipuan Lewat Telepon Agar Tak Menjadi Korban

Oleh Liputan6.com pada 22 Apr 2021, 20:40 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 20:40 WIB
[Bintang] Dapat Telepon Aneh dari +242? Jangan Ditelepon Balik
Perbesar
Modus penipuan baru dengan menggunakan nomor telepon aneh +242. (Ilustrasi: Positive Solar)

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2020 saja, dilaporkan bahwa orang Amerika kehilangan US$ 19,7 miliar (Rp 286 triliun) karena penipuan telepon.

Dari 50 juta panggilan yang dilakukan, 40% dari mereka yang menjawab mengatakan bahwa mereka telah mencuri uang dari mereka. Dan kebanyakan orang lebih mempercayai panggilan suara daripada bentuk komunikasi lainnya, yang mungkin menjadi alasan para penipu memilih untuk melakukannya.

Dengan mengingat hal ini, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara mengenali tanda-tanda yang menunjukkan penipu mungkin berada di ujung lain saluran telepon.

Melansir Bright Side, inilah beberapa taktik scammer paling umum yang bertujuan untuk mencuri uang Anda melalui panggilan.

2 dari 7 halaman

Mereka Terus Bertanya Apakah Anda Dapat Mendengarnya

Penipuan
Perbesar
Ilustrasi Penipuan Aplikasi Kencan Online Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Dalam salah satu penipuan paling terkenal, penelepon akan mengajukan pertanyaan yang cenderung Anda jawab dengan "ya". Dalam kebanyakan kasus, mereka akan bertanya apakah Anda dapat mendengarkan mereka atau apakah Anda adalah pria atau wanita di rumah tersebut.

Jika Anda membalas dengan "ya", mereka akan merekam suara Anda dan menggunakannya untuk mengotorisasi tagihan ke kartu debit atau kredit Anda.

Jika nomor yang menelepon Anda tampak asing, cari secara online sebelum menjawab. Ini mungkin terlihat lokal, tetapi kemungkinan besar tidak. Anda juga dapat mencoba memberikan jawaban yang berbeda dari "ya". Jika orang lain terus mencoba mendapatkan kata khusus ini dari Anda, tutup saja.

3 dari 7 halaman

Mereka Mengancam Anda dengan Penangkapan Jika Anda Tidak Membayar

[Bintang] Dapat Telepon Aneh dari +242? Jangan Ditelepon Balik
Perbesar
Modus penipuan baru dengan menggunakan nomor telepon aneh +242. (Ilustrasi: YouTube)

Dua penipuan yang paling umum adalah jenis tugas IRS dan juri. Kesamaan mereka adalah, dalam kedua kasus, penelepon mengancam Anda dengan penangkapan dalam waktu dekat atau bentuk tindakan hukum lainnya. Namun, mereka memang menawarkan solusi berupa denda berat.

Yang mereka minta dari Anda hanyalah nomor jaminan sosial atau nomor kartu kredit Anda - dan begitu saja, identitas Anda akan dicuri.

Apa yang harus dilakukan? Cukup tutup telepon. Jangan meminta bukti atau terlibat dalam percakapan. Anda mungkin akan terus diganggu oleh mereka sekarang karena mereka tahu Anda menjawab telepon Anda ketika mereka menelepon.

4 dari 7 halaman

Mereka Memberitahu Bahwa Komputer Anda Memiliki Virus

Awas, Penipuan Mengatasnamakan Bank
Perbesar
Ilustrasi kejahatn siber.

Saat Microsoft memberitahu kita bahwa penelepon scam akan meminta Anda untuk mengunjungi rumah dan "memperbaiki" kesalahan di komputer Anda, mereka mungkin memasang perangkat lunak perusak yang akan membantu mereka mencuri data pribadi Anda.

Mereka juga dapat membuat pop-up kesalahan palsu dan menawarkan solusi, tetapi hanya jika Anda membayar biaya satu kali.

Tapi perlu dikathui, Microsoft tidak akan pernah menelepon atau mengirim email kepada Anda. Ini adalah sesuatu yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Juga, jika kesalahan muncul di layar Anda, hubungi teknisi pribadi.

Ingatlah bahwa ketika kesalahan nyata muncul, tidak pernah ada nomor telepon yang disebutkan di atasnya.

5 dari 7 halaman

Mereka Menawarkan Hadiah Uang Gratis

Ilustrasi penipuan emas
Perbesar
Ilustrasi penipuan emas (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Penelepon biasanya menyamar sebagai pejabat pemerintah, memberi tahu Anda bahwa Anda memenangkan hibah khusus. Mereka akan menanyakan detail rekening bank Anda dan juga "biaya pemrosesan satu kali".

Penjelasan mereka untuk menanyakan rincian ini adalah bahwa mereka membutuhkannya untuk menyetorkan uang.

Pertama-tama, Anda harus tahu bahwa hibah pemerintah tidak pernah diberikan kepada individu tetapi untuk pemerintah daerah dan universitas. Anda juga dapat menanyakan nama mereka dan mencarinya secara online. Kemungkinan, "agen" yang mereka panggil adalah palsu.

Jangan biarkan diri Anda tertipu oleh nomor telepon yang terlihat seperti lokal karena mungkin saja mereka sedang menyamarkan lokasinya.

6 dari 7 halaman

SMS Mengarahkan Anda untuk Memverifikasi Detail Pribadi

Penipuan Secara Phising
Perbesar
Ilustrasi Penipuan Secara Phising Credit: unsplash.com/Jefferson

Tepat di bawah pesan sebelumnya dari bank Anda, Anda mungkin menerima pesan baru yang tampak asli. Namun, perbedaan utamanya adalah SMS phishing meminta Anda untuk mengunjungi beberapa situs web dan mengirimkan detail Anda. Hanya dengan mengklik link tersebut, Anda dapat membahayakan ponsel dan diri Anda sendiri.

Selain itu, kebanyakan penipuan akan membuat Anda merasa terdorong untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

Langkah pertama Anda adalah menelepon bank Anda dan menanyakan apakah mereka mengirim pesan kepada Anda dan apakah mereka memerlukan informasi. Mereka dapat memberi tahu Anda cara mengirim SMS palsu sehingga mereka dapat mengambil tindakan.

Terakhir, jangan klik link apa pun karena mungkin mengandung malware yang dapat membahayakan perangkat Anda.

 

reporter: Lianna Leticia

7 dari 7 halaman

Saksikan Video berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓