Kemenhan Korea Selatan Ucapkan Belasungkawa Atas Hilangnya KRI Nanggala 402

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 22 Apr 2021, 16:58 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 16:58 WIB
Wujud Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak
Perbesar
Foto tak bertanggal yang dirilis 21 April 2021 menunjukkan kapal selam KRI Nanggala 402 berangkat dari pangkalan angkatan laut di Surabaya. Ada sebanyak 53 kru yang ikut dalam pelatihan di Kapal selam KRI Nanggala-402 dari jajaran Armada II Surabaya tersebut. (Handout/Indonesia Military/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertahanan Korea Selatan ikut mengirimkan ucapan bela sungkawa atas insiden hilangnya KRI Nanggala-402.

"Kementerian Pertahanan Nasional Republik Korea mengungkapkan belasungkawa yang terdalam kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia atas kapal selam KRI Nanggala-402 yang baru-baru ini hilang saat latihan angkatan laut dilakukan di Selat Bali pada 21 April," tulis pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (22/4/2021). 

Dalam pernyataan tersebut pula, pihak Korea Selatan menungkapkan kerja sama erat antara kedua negara di bidang industri pertahanan.

Selain itu, pihaknya juga menyatakan kesiapan untuk membantu dan ikut terlibat dalam upaya pencarian KRI Nanggala-402.

"ROK MND sudah siap untuk mendukung misi pencarian dan penyelamatan Indonesia dengan segala cara yang mungkin di atas permintaan dari Indonesia," ungkap pihaknya. 

2 dari 3 halaman

Dukung Upaya Pencarian

Wujud Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak
Perbesar
Foto yang dirilis 21 April 2021 kapal selam KRI Nanggala 402 berlabuh di pangkalan angkatan laut di Surabaya. Kapal selam KRI Nanggala-402 dari jajaran Armada II Surabaya hilang kontak saat melaksanakan latihan penembakan Torpedo SUT di perairan selat Bali. (Handout/Indonesia Military/AFP)

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menegaskan upayanya untuk turut membantu upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala-402. 

"ROK MND telah menyampaikan keinginan kami untuk mendukung misi penyelamatan Indonesia melalui saluran diplomatik kami setelah mendengar tentang warga Indonesia yang hilang bersama dengan hilangnya kapal selam," tambah pernyataan resmi tersebut. 

Menteri Pertahanan ROK telah menginstruksikan Angkatan Laut Korea Selatan untuk bersiap membantu upaya pencarian secara langsung jika diminta oleh pihak Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by