Alasan Mengapa Ratu Elizabeth II Merayakan Ulang Tahun Dua Kali

Oleh Liputan6.com pada 22 Apr 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 21:00 WIB
Ratu Elizabeth II
Perbesar
Ratu Elizabeth II saat di Royal Ascot. (Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II baru saja menginjak usia 95 tahun pada Rabu 21 April 2021. Untuk menghormati hari tersebut, biasanya ada serangkaian hormat senjata di sekitar London.

41 hormat senjata di Hyde Park, 21 di Windsor Great park, dan 62 di Menara London.

Dikutip dari Mental Floss, Kamis (22/4/2021), walaupun sudah berulang tahun bulan ini, Ratu Elizabeth biasanya akan melakukan parade melalui London, Inggris, pada bulan Juni sebagai bagian dari perayaan ulang tahun mewah yang dikenal sebagai Trooping the Color.

Seperti kebanyakan keluarga monarki di Inggris, Ratu Elizabeth merayakan dua hari ulang tahun. Hari yang ia dilahirkan dan hari terpisah yang diberi label ulang tahun karena April terlalu dingin untuk melakukan pawai.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Hanya di Inggris

Perayaan Ultah Ratu Elizabeth II Berlangsung Sederhana dan Tidak Dihadiri Keluarga
Perbesar
Perayaan Ultah Ratu Elizabeth II Berlangsung Sederhana dan Tidak Dihadiri Keluarga. (dok.Instagram @queenelizabethiiuk/https://www.instagram.com/p/CBZC1vDHo4n/Henry)

Tradisi ini dimulai dari Raja George II pada 1784 yang memiliki ulang tahun pada November. Membuat para masayarakat yang mengikuti pawai mengidap penyakit flu karena cuaca yang dingin. Karena hal itu, ia menggabungkan perayaan ulang tahunnya dengan tanggal Trooping the Color.

Selain Inggris, Auralia juga merayakan ulang tahun Ratu pada hari Senin kedua di Juni, dengan Australia Barat mengadakan sebuah perayaan pada hari Senin terakhir September atau Senin pertama di Oktober.

Kanada juga menetapkan ulang tahun resmi agar sesuai dengan tanggal lahir Ratu Victoria yang sebenarnya 24 Mei 1819, sejak 1845. Mereka merayakan apa yang disebut Hari Victoria pada 24 Mei atau Senin sebelumnya.

Hari kelahiran Ratu juga dirayakan di depan umum pada Senin pertama bulan Juni di Selandia Baru.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Kenaikan Harga Pangan Pada Ramadan 2021

INFOGRAFIS: Kenaikan Harga Pangan Pada Ramadan 2021 (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Kenaikan Harga Pangan Pada Ramadan 2021 (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓