Sukses

Rusia Tangkap 1.500 Demonstran Pembela Tokoh Oposisi Alexei Navalny

Rusia menangkap 1.500 demonstran yang terlibat dalam unjuk rasa yang menyerukan pembebasan tokoh oposisi Alexei Navalny.

Liputan6.com, Moskow - Polisi telah menangkap hampir 1.500 orang dalam demonstrasi selama satu hari di seluruh Rusia yang menyerukan kebebasan bagi pemimpin oposisi Alexei Navalny yang dipenjara, yang kesehatannya dilaporkan menurun drastis setelah mogok makan selama tiga minggu, menurut sebuah kelompok yang memantau penahanan politik.

Protes terbesar terjadi di Moskow, di mana ribuan orang berbaris melalui pusat kota.

Menurut laporan ABC News, Kamis (22/4/2021), beberapa orang yang ditangkap bahkan sebelum protes dimulai, termasuk rekan-rekan senior Angkatan Laut di Moskow.

Tim Navalny menyerukan demonstrasi tidak berizin setelah laporan akhir pekan bahwa kesehatannya memburuk dan hidupnya dalam bahaya.

"Situasi Alexei memang kritis, jadi kami menaikkan hari protes massa," kata Vladimir Ashurkov, sekutu dekat Navalny dan direktur eksekutif dari Foundation for Fighting Corruption.

"Kesehatan Alexei telah merosot tajam, dan dia dalam kondisi yang agak kritis. Dokter mengatakan bahwa menilai dari tesnya, dia harus dirawat dalam perawatan intensif," sambungnya. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Navalny Ditahan

Navalny, pria berusia 44 tahun, lawan paling menonjol dari Presiden Vladimir Putin, tahun lalu selamat dari serangan zat saraf yang dibantah oleh pihak berwenang Rusia.

Dia dilaporkan menjadi kurus dan lemah setelah membuat dirinya sendiri kelaparan selama tiga minggu, dan sekutunya mengatakan dia berisiko gagal ginjal atau serangan jantung.

"Bagaimana Anda tidak bisa keluar jika seseorang sedang dibunuh? Dan bukan hanya dia; ada begitu banyak tahanan politik," kata Nina Skvortsova, seorang pengunjuk rasa di Moskow.

Di St. Petersburg, polisi memblokir wilayah Alun-alun Istana, ruang luas di luar museum Hermitage, dan pengunjuk rasa malah berkerumun di sepanjang Nevsky Prospekt di dekatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.