Sukses

22 Pasien COVID-19 di India Meninggal Akibat Oksigen Bocor

Perdana Menteri India Narendra Modi menyebut kematian 22 pasien COVID-19 begitu menyayat hati.

Liputan6.com, New Delhi - Setidaknya 22 pasien Covid-19 telah meninggal di sebuah rumah sakit di India setelah mereka kehilangan suplai oksigen karena kebocoran.

Insiden itu terjadi pada Rabu (21/4) ketika sebuah kapal tangki oksigen sedang mengisi tangki penyimpanan di rumah sakit Zakir Hussain di kota Nashik, India.

Tidak jelas bagaimana kecelakaan itu terjadi dan mengapa pasokan ke pasien terganggu.

Tetapi para pejabat mengatakan tidak ada oksigen yang mengalir ke ventilator selama sekitar 30 menit, yang akhirnya menyebabkan kematian.

"Kami akan menyelidiki masalah tersebut dan mengambil tindakan," kata komisaris kota Kailash Jadhav.

Rumah sakit memanggil kapal tanker setelah kehabisan oksigen. Rumah sakit di seluruh negeri sedang berjuang untuk menjaga pasokan oksigen di tengah permintaan yang melonjak.

"Kami ingin tindakan tegas terhadap pelakunya," kata Amol Vyavhare, yang neneknya adalah salah satu pasien yang meninggal karena kekurangan oksigen, kepada BBC Marathi.

Vicky Jadhav, yang neneknya juga meninggal, mengatakan dia "baik-baik saja" ketika dia meninggalkan rumah sakit untuk membawakan makanan untuknya.

"Saat itulah saya mendapat telepon bahwa dia menjadi kritis. Ketika saya bertanya kepada otoritas rumah sakit, India mereka mengatakan bahwa tidak ada oksigen yang tersisa di rumah sakit."

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keprihatinan PM India

Menulis di Twitter, Perdana Menteri India Narendra Modi menyebut situasi itu menyayat hati, dan mengatakan dia "sedih dengan hilangnya nyawa".

India berada di tengah gelombang kedua infeksi Covid yang mematikan, baru-baru ini melaporkan lebih dari 200.000 kasus setiap hari. Lonjakan tersebut telah membanjiri rumah sakit di negara itu, menciptakan kekurangan tidak hanya oksigen tetapi juga tempat tidur dan obat-obatan penyelamat jiwa.

Negara bagian Maharashtra, tempat Nashik berada, adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak dan menghadapi kekurangan oksigen yang sangat besar.

Di tempat lain, rumah sakit di Delhi mengeluh pada Selasa malam bahwa mereka jauh dari kehabisan oksigen, dan persediaan diisi kembali hingga larut malam dengan kapal tanker dari negara bagian tetangga Uttar Pradesh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.