Sukses

5 Anjuran dan Larangan Penting Saat Anda Mendapatkan Vaksin COVID-19

Setelah melakukan vaksin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti larangan dan anjuran dalam menangani efek samping hingga kapan harus menutupinya. Sudahkah Anda mengetahuinya?

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang kita ketahui, vaksinasi COVID-19 telah dilakukan di Indonesia. Pemerintah pun sudah menjadwalkan program vaksinasi guna menekan angka kasus positif COVID-19 yang masih terus meningkat.

Jika Anda termasuk dalam kelompok yang diprioritaskan mendapat vaksin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti larangan dan anjuran dalam menangani efek samping hingga kapan harus menutupinya.

Berikut adalah lima larangan dan anjuran pasca-vaksin yang sebaiknya dilakukan dan dihindari oleh penerima vaksin menurut Mental Floss.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jangan Panik Tentang Efek Samping Vaksin COVID-19

Jika Anda didera gejala mirip flu dan cemas dengan reaksi tubuh yang tidak menyenangkan terhadap vaksin COVID-19, mendengar orang tersayang berulang kali memberi tahu Anda "Artinya, berhasil!" mungkin bukan simpati yang Anda cari.

Tapi itu benar. Menggigil, nyeri otot, demam, kelelahan, dan efek samping buruk lainnya adalah tanda-tanda bahwa sistem kekebalan Anda semakin kebal terhadap virus. Mereka benar-benar normal dan tidak perlu panik — bahkan jika Anda merasa jauh lebih buruk setelah dosis kedua daripada setelah dosis pertama.

"Dengan vaksin dua dosis, dosis pertama biasanya meningkatkan respons kekebalan terhadap vaksin, menciptakan antibodi," kata Dr. Brandon Dionne, seorang apoteker klinis dalam penyakit menular di Rumah Sakit Wanita dan Brigham, dan asisten profesor klinis di departemen Universitas Northeastern ilmu farmasi dan sistem kesehatan, memberitahu Mental Floss.

Pada dasarnya, dosis pertama berisi instruksi yang memberi tahu sel Anda untuk membuat versi protein lonjakan virus yang tidak berbahaya — senyawa berduri di permukaan patogen — dan kemudian menghasilkan antibodi yang akan mengetahui cara melawan yang sebenarnya.

"Ketika Anda menerima dosis kedua, Anda sudah memiliki beberapa tingkat perlindungan dari antibodi terhadap target protein lonjakan vaksin," jelas Dionne.

"Ini memungkinkan sistem kekebalan merespons lebih cepat dan kuat terhadap vaksin, yang dapat menyebabkan lebih banyak peradangan dan kemungkinan efek samping yang lebih parah. Meskipun ini tidak nyaman, itu pertanda bahwa sistem kekebalan Anda bekerja untuk memberikan perlindungan terhadap virus."

Di sisi lain, jika Anda merasa benar-benar baik-baik saja setelah mendapatkan vaksin, Anda tidak perlu khawatir vaksin itu tidak berfungsi.

"Anda masih dapat memiliki respons imun yang memadai meskipun Anda tidak mengalami efek samping," kata Dionne.

3 dari 6 halaman

Lakukan Rest Up, Tetap Hidrasi, dan Minum Obat Jika Diperlukan

Hanya karena sistem kekebalan Anda tahu apa yang dilakukannya, bukan berarti Anda tidak dapat membantu. Tidur adalah komponen penting untuk fungsi sistem kekebalan, jadi pastikan Anda cukup istirahat setelah disuntik. Minum banyak cairan, seperti yang Anda lakukan saat masuk angin, juga dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat demam dan efek samping lainnya.

Beberapa orang telah memperingatkan agar tidak mencegah efek samping dengan mengambil obat yang dijual bebas seperti Advil (ibuprofen) atau Tylenol (acetaminophen) dengan alasan bahwa mereka dapat mengganggu sistem kekebalan Anda dan membuat vaksin menjadi kurang efektif. Tetapi mengobati masalah terkait vaksin Anda setelah suntikan seharusnya baik-baik saja.

"Ada beberapa data retrospektif bahwa mengonsumsi NSAID atau asetaminofen dapat mengurangi respons terhadap vaksin lain, dan data laboratorium pada tikus menunjukkan bahwa NSAID mengurangi tingkat antibodi setelah terinfeksi SARS-CoV-2," kata Dionne.

"Meskipun buktinya tidak meyakinkan, saya pikir masuk akal untuk menghindari obat-obatan ini sebelum vaksin Anda kecuali Anda sudah meminumnya secara teratur… Jika Anda mengalami efek samping yang lebih parah dari vaksin, seperti demam atau sakit kepala, masuk akal untuk meminumnya. Baik NSAID atau asetaminofen segera setelah mereka mulai."

Jika Anda tidak mulai merasa lebih baik setelah beberapa hari, maka Anda harus melanjutkan dan berkonsultasi dengan dokter Anda.

4 dari 6 halaman

Gunakan Lengan Anda yang Divaksin

Nyeri otot di tempat suntikan adalah efek samping vaksin yang umum, dan naluri Anda mungkin membiarkan lengan Anda terkulai lemas sesering mungkin.

CDC sebenarnya menyarankan hal sebaliknya. "Gunakan atau latih lengan Anda. Selain tidak membuatnya terlalu kaku, Anda juga bisa mengurangi rasa sakit dengan mengoleskan waslap bersih, dingin, dan basah di area tersebut".

5 dari 6 halaman

Simpan Kartu Vaksinasi Tetapi Jangan Poskan di Media Sosial

Bukti vaksinasi mulai diperlukan di tujuan dan tempat perjalanan tertentu, dan sejumlah aplikasi telah dikembangkan untuk mendigitalkan proses tersebut. Tetapi Anda harus tetap berpegang pada kartu vaksinasi kertas Anda untuk saat ini.

Yang tidak boleh Anda lakukan adalah membagikan fotonya di media sosial.

Hal itu tidak hanya memudahkan penipu untuk memalsukan kartu mereka sendiri, tetapi juga membuat Anda lebih rentan terhadap pencurian identitas — bahkan detail dasar seperti tanggal lahir Anda dapat membantu pencuri menebak nomor jaminan sosial Anda.

Selain itu, jangan laminasi. Anda mungkin perlu memperbarui kartu Anda nanti dengan bukti tembakan penguat atau informasi lainnya.

6 dari 6 halaman

Jangan Berhenti Menggunakan Masker

Dua minggu setelah mendapatkan suntikan kedua dari vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna, dapat menganggap diri Anda divaksinasi penuh, yang membuka beberapa pintu untuk kehidupan sosial. Menurut CDC, orang-orang yang divaksinasi penuh dapat berkumpul di dalam ruangan dengan orang-orang lain yang telah divaksinasi penuh tanpa memakai masker atau terpisah 6 kaki.

Orang yang divaksinasi penuh dapat melakukan hal yang sama dengan anggota satu rumah tangga lain dari orang-orang yang tidak divaksinasi, kecuali salah satu dari orang-orang tersebut berada pada "peningkatan risiko penyakit parah akibat COVID-19".

Pertemuan yang lebih besar masih termasuk dalam daftar "tidak" untuk semua orang, baik yang divaksinasi maupun tidak. Jika menemukan diri Anda berada di dalam ruangan dengan orang-orang dari banyak rumah tangga, tutupi. Dan Anda harus tetap mengenakan masker dan jarak sosial di semua tempat umum.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.