Sukses

NASA Sukses Terbangkan Helikopter di Planet Mars

Sejarah baru, NASA terbangkan helikopter di Mars.

Liputan6.com, Jakarta - NASA mencetak sejarah dengan menerbangkan helikopter di permukaan planet Mars. Helikopter itu mengambil foto bayang-bayangnya dari udara.

Helikopter bernama Ingenuity itu dibuat oleh NASAJet Propulsion Laboratory (JPL).

Ingenuity pergi ke Mars bersama misi luar angkasa Perseverance. Pada 18 Februari 2021, Perseverance berhasil mendarat di permukaan Mars.

Penerbangan Ingenuity menjadi bukti bagi NASA bahwa penerbangan terkendali di planet lain bukanlah hal mustahil.

"Ini membutihkan sedikit ingenuity (kecerdikan), perseverance (kegigihan), dan semangat untuk menjadikan kesempatan ini menjadi realita," tulis NASA melalui Twitter, Senin (19/4/2021). 

Misi NASA di Mars adalah untuk kepentingan astrobiologi. Perseverance akan mempelajari geologi dan iklim Mars di masa lalu, serta mengumpulkan batuan Mars.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NASA Rilis Foto Bukit Pasir Beku di Planet Mars

Pada awal April, NASA merilis foto terbaru dari planet Mars yang berhasil mereka tangkap dari kameranya.

Dalam unggahan terbarunya di Instagram, NASA menjelaskan misinya bernama Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) mengambil gambar tersebut.

"Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) kami memancarkan kembali gambar menakjubkan yang diambil di Planet Merah (Mars) yang ditangkap oleh kamera HiRISE."

Foto yang berhasil ditangkap oleh misi ini adalah bukit pasir beku yang menakjubkan.

"Kali ini menampilkan gambar bukit pasir beku yang menakjubkan. Hamparan bukit pasir menunjukkan sebuah kawah yang membentang sepanjang lima kilometer, ditemukan di dataran tinggi dataran utara Mars."

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh NASA (@nasa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.