Sukses

Bahas Nuklir, Menlu Iran Javad Zarif Temui Retno Marsudi

Menlu Iran Javad Zarif menemui Menlu Retno Marsudi untuk membahas nuklir dan perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Javad Zarif, menemui Menlu Retno Marsudi di Jakarta. Keduanya membahas isu seperti perjanjian nuklir hingga perdagangan. 

Media pemerintah Iran, Islamic Republic News Agency (IRNA), menyebut bahwa Menlu Zarif berangkat dari Iran pada Minggu (18/4). Kunjungan ini disebut "Diplomasi Ramadhan."

Zarif mengungkap bahwa Iran siap berdiskusi dengan pihak Jakarta terkait Preferential Tariff Agreement. Selain itu, Iran memuji sikap Indonesia terkait perjanjian nuklir Iran atau JCPOA (Joint Comprehensive Plan of Action).

"Zarif memuji pendirian-pendirian berprinsip Indonesia pada Dewan Keamanan PBB untuk menyelamatkan perjanjian nuklir Iran 2015," tulis IRNA.

"Serta dalam mendukung implementasi Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231."

Resolusi 2231 adalah terkait isu nuklir Iran dan komitmen PBB untuk mendukung penelitian, produksi, dan pengembangan energi nuklir untuk tujuan damai. Iran juga berjanji tidak akan mengembangkan senjata nuklir.

Akan tetapi, pemerintahan Donald Trump angkat kaki dari perjanjian nuklir Iran karena tak percaya perjanjian itu bisa mencegah Iran mendapat senjata nuklir, sehingga ia menuntut negosiasi baru. Indonesia turut menyesalkan keputusan Trump yang akhirnya meninggalkan JCPOA.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sektor Ekonomi dan Perdamaian Afganistan

Menlu Retno Marsudi turut mendukung perkembangan relasi Indonesia-Iran di berbagai bidang, termasuk sektor ekonomi.

Diharapkan agar kedua negara dapat memfasilitasi perdagangan bilateral melalui komisi dagang bersama.

Kedua menlu juga membahas hukum internasional serta meninjau proses perdamaian di Afganistan.

Tahun lalu, Donald Trump berencana agar tentara AS bisa pulang dari Afganistan. Kini, Presiden Joe Biden dan NATO akan mulai meninggalkan Afganistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.