Sukses

Hester Ford, Orang Tertua di AS Meninggal Dunia pada Usia 116 Tahun

Menurut laporan, Hester meninggal dengan damai di rumahnya di Charlotte, N.C., pada hari Sabtu dikelilingi oleh keluarga.

Liputan6.com, Washington D.C - Warga Amerika Serikat (AS) tertua, Hester Ford, meninggal dunia dalam usia 116 tahun pada Sabtu (17/4).

Dia meninggal dengan damai di rumahnya di Charlotte, N.C., pada hari Sabtu dikelilingi oleh keluarga, WBTV-TV melaporkan.

Berdasarkan The Charlotte Observer, yang dilansir dari New York Daily News, pada Senin (19/4), Ford meninggalkan 68 cucu, 125 cicit dan setidaknya 120 cicit cucu.

"Dia adalah pilar dan pendukung bagi keluarga kami dan memberikan cinta, dukungan, dan pengertian yang sangat dibutuhkan kepada kami semua," kata keluarga itu dalam sebuah pernyataan.

"Dia adalah benih yang menumbuhkan daun dan cabang yang sekarang menjadi keluarga kami. Tuhan melihat cocok untuk menjadikannya ibu dari keluarga Anda dan memberkati kami untuk menjadi pengasuh dan penerima warisannya."

Pada ulang tahun Ford baru-baru ini, Agustus lalu, teman, keluarga, dan komunitasnya datang dalam pawai untuk merayakannya, WBTV-TV melaporkan pada saat itu.

Anggota lama Gereja Baptis Makedonia meninggal di rumah yang dia tinggali selama lebih dari 59 tahun, WBTV melaporkan. Dia telah hidup lebih dari dua kali lebih lama dari suaminya, pekerja baja John Ford, yang meninggal pada tahun 1963 pada usia 57, setelah mereka menikah 45 tahun, menurut WBTV.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Hidup Hester Ford

Ford lahir pada 1905 jauh sebelum Perang Dunia I, sebelum es krim cone ditemukan, dan Terusan Panama masih dalam tahap pengerjaan awal. Ia tumbuh membajak dan memetik kapas di Lancaster County, S.C., menikah dengan John Ford pada usia 14 dan memiliki anak pertama dari 12 anaknya pada usia 15.

Pasangan itu pindah ke Charlotte pada akhir 1950-an, dan di sanalah Ford tinggal selama sisa hidupnya - sebagian besar waktu itu tanpa bantuan.

Gelar Amerika tertua yang masih hidup mendarat di Ford pada tahun 2019 dengan kematian Alelia Murphy dari Harlem di kota New York, pada usia 114. Orang tertua berikutnya yang masih hidup adalah Thelma Sutcliffe, dari Nebraska, yang berusia 114 tahun dan 198 hari, menurut WBTV.

Ford dan umur panjangnya sangat terkenal di seluruh wilayah sehingga Komisaris Mecklenburg County menetapkan 1 September 2020, sebagai Hari Ibu Hester McCardell Ford untuk menghormati cintanya pada komunitas dan keluarganya yang luas, lapor WSOC-TV.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.