Sukses

Taiwan Diguncang 2 Gempa pada Minggu Malam 18 April 2021

Taiwan diguncang dua gempa dengan magnitudo 6,2 dan 5,8.

Liputan6.com, Hualien - Wilayah Taiwan timur diguncang dua gempa berkekuatan magnitudo 5,8 dan 6,2 pada Minggu malam (18/4). Jarak dua gempa itu hanya tiga menit saja.

Menurut laporan Taiwan News, Senin (19/4/2021), gempa pertama mengguncang pada pukul 10.11 malam dengan magnitudo 5,8. Gempa terjadi 19,2 kilometer di barat daya Hualien County Hall. Kedalaman focal gempa adalah 15 kilometer.

Taiwan memiliki tujuh level intensitas gempa. Gempa itu mencapai level 5 di Hualien County, dan level 4 di Nantou County, Yilan County, dan Changhua County.

Beberapa wilayah lain yang terdampak adalah Taichung, Miaolil, Yulin, hingga Kota New Taipei, namun skala intensitasnya lebih rendah ketimbang di Hualien. Intentitas yang lebih ringan juga terasa di ibu kota Taipei, Kota Tainan, dan Kota Kaohsiung.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Susulan

Wilayah Taiwan timur diguncang dua gempat berkekuatan magnitudo 5,8 dan 6,2 pada Minggu malam (18/4). Jarak dua gempa itu hanya tiga menit saja.

Belum ada laporan korban jiwa akibat gempa ini.

Menurut laporan Taiwan News, Senin (19/4/2021), gempa pertama mengguncang pada 10,11 malam dengan magnitudo 5,8. Gempa terjadi 19,2 kilometer di barat daya Hualien County Hall. Kedalaman focal gempa adalah 15 kilometer.

Taiwan memiliki tujuh level intensitas gempa. Gempa itu mencapai level 5 di Hualien County, dan level 4 di Nantou County, Yilan County, dan Changhua County.

Beberapa wilayah lain yang terdampak adalah Taichung, Miaolil, Yulin, hingga Kota New Taipei, namun skala intensitasnya lebih rendah ketimbang di Hualien. Intentitas ringan juga terasa di Kota Taipei, Tainan, dan Kaohsiung.

3 dari 3 halaman

Gempa Susulan

Sekitar tiga menit kemudian, terjadi gempa susulan berkekuatan 6,2 skala Richter. Pusat gempa kedua ini adalah 20,2 kilometer barat daya Hualien County Hall dengan kedalaman 13,9 kilometer.

Intensitas gempa ini mencapai level 6 di Hualien County, dan intensitas level 4 terasa di Nantou County, Taichung City, Yilan County, Taitung County, Yunlin County, Changhua County, Chiayi County, dan Miaoli County

Intensitas level 3 terasa di Kota Taipei, Kaoshiung, Hsinchu, Chiayi, dan Tainan.

Banyak warga Taiwan menerima pesan darurat dari Central Weather Bureau (CWB) terkait gempa agar waspada guncangan. Gempa susulan ini juga belum dilaporkan mengakibatkan korban jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • taiwan