Sukses

China dan Amerika Serikat Berkomitmen untuk Atasi Perubahan Iklim

China dan AS mengatakan mereka berkomitmen untuk bekerja sama dan dengan negara-negara lain dalam mengatasi perubahan iklim.

Liputan6.com, Beijing - China dan AS mengatakan mereka berkomitmen untuk bekerja sama dan dengan negara-negara lain dalam mengatasi perubahan iklim.

Komitmen itu uncul setelah beberapa pertemuan antara utusan iklim China Xie Zhenhua dan rekannya dari AS John Kerry di Shanghai pekan lalu.

Mereka berdua menyepakati tindakan spesifik lebih lanjut untuk mengurangi emisi, sebuah pernyataan bersama pada hari Minggu 18 April 2021, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (19/4/2021).

Presiden AS Joe Biden mengadakan KTT iklim virtual minggu ini, yang menurut China sudah dinantikan.

Namun belum diketahui apakah Presiden China Xi Jinping akan bergabung dengan para pemimpin dunia yang telah berjanji untuk hadir.

"Amerika Serikat dan China berkomitmen untuk bekerja sama satu sama lain dan dengan negara-negara lain untuk mengatasi krisis iklim, yang harus ditangani dengan keseriusan dan urgensi yang diusutnya," kata pernyataan itu.

Ditambahkan bahwa kedua negara akan terus membahas "tindakan konkret pada tahun 2020-an untuk mengurangi emisi yang bertujuan menjaga batas suhu yang selaras dengan Perjanjian Paris dalam jangkauan".

Kedua negara juga sepakat untuk membantu negara-negara berkembang membiayai peralihan ke energi rendah karbon.

Li Shuo, penasihat iklim senior untuk kelompok lingkungan Greenpeace, menggambarkan pernyataan itu sebagai "positif".

"Ini mengirimkan pesan yang sangat tegas bahwa pada masalah khusus ini (China dan Amerika Serikat) akan bekerja sama. Sebelum pertemuan di Shanghai ini bukan pesan yang bisa kita asumsikan, " kata Mr Li kepada kantor berita Reuters.

Perjalanan Mr Kerry ke Cina adalah kunjungan tingkat tinggi pertama oleh anggota pemerintahan Biden sejak presiden AS yang baru menjabat. Namun pejabat AS dan Cina bertemu untuk pembicaraan di Alaska bulan lalu.

Menjelang perjalanannya ke Shanghai, Mr Kerry mengatakan kepada CNN bahwa kerja sama China "benar-benar penting" untuk memerangi krisis iklim.

"Ya, kami memiliki ketidaksepakatan besar dengan China pada beberapa masalah utama, benar-benar. Tapi iklim harus berdiri sendiri," katanya.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Urgensi

Para ilmuwan iklim memperingatkan bahwa pemanasan global tidak boleh naik lebih dari 2C di atas tingkat pra-industri - pada kenyataannya tujuannya harus jauh di bawah ini dengan tujuan 1,5C yang semakin ambisius, untuk menghindari kerusakan iklim yang terburuk.

Pusat Perjanjian Paris adalah kontribusi yang ditentukan secara nasional (NDC). Ini adalah target yang dimaksudkan untuk memangkas emisi.

NDC mewakili komitmen oleh masing-masing negara - di bawah pakta Paris - untuk mengurangi emisi nasional mereka sendiri dan beradaptasi dengan dampak perubahan iklim.

Menurut Climate Action Tracker, analisis ilmiah independen yang melacak aksi iklim pemerintah, peringkat NDC China "sangat tidak mencukupi" dan "sama sekali tidak konsisten dengan menahan pemanasan hingga di bawah 2C".

Tiongkok telah berjanji untuk memuncak emisinya pada tahun 2030, dan mencapai netralitas karbon pada tahun 2060 (itu berarti memotong semua emisi karbon dari bahan bakar fosil tetapi masih memungkinkan emisi pertanian metana - gas pemanas planet lainnya).

Namun, China saat ini menjalankan 1.058 pembangkit listrik batu bara - lebih dari setengah kapasitas dunia.

AS, sementara itu, memiliki peringkat NDC terburuk "sangat tidak mencukupi" pada Climate Action Tracker.

AS absen dari negosiasi iklim selama masa jabatan Presiden Donald Trump dan sekarang didesak untuk memangkas emisi menjadi antara 57% dan 63% di bawah level 2005 dekade ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.