Sukses

Lembaga Kesehatan Minta Norwegia Hentikan Penggunaan Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Petugas kesehatan Norwegia menunjukkan kepada media fakta tak terduga dosis vaksin AstraZeneca pada pasien.

Liputan6.com, Oslo - Norwegia harus berhenti menggunakan vaksin AstraZeneca, kata lembaga kesehatan masyarakat negara itu.

Berdasarkan laporan Euronews, dalam file foto 8 Maret 2021, seorang petugas kesehatan menunjukkan kepada media bagaimana dia mempersiapkan dosis vaksin AstraZeneca untuk diberikan kepada pasien.

Itu terjadi sehari setelah Denmark menjadi negara pertama di Eropa yang meninggalkan jab tersebut karena terkait dengan pembekuan darah yang sangat langka.

Baik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Obat Eropa mengatakan, manfaat vaksin lebih besar daripada risikonya.

"Sekarang ada lebih banyak pengetahuan tentang hubungan antara vaksin AstraZeneca dan insiden langka dan serius dari trombosit rendah, pembekuan darah dan pendarahan. Mestinya, Norwegia memilih untuk menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca," kata Geir Bukholm, direktur pengendalian infeksi di Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Norwegia.

"Berdasarkan laporan ini, kami telah sampai pada rekomendasi agar vaksin AstraZeneca dihapus dari program vaksinasi koroner di Norwegia."

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Fatal Pembekuan Darah dan Jumlah Trombosit Rendah Akibat AstraZeneca

Pada 11 Maret, pihak berwenang telah menangguhkan peluncuran vaksin setelah sejumlah kecil orang yang menerima suntikan dirawat di rumah sakit dengan kombinasi pembekuan darah dan jumlah trombosit yang rendah, dengan tiga kasus terbukti fatal.

Bukholm mengatakan bahwa sekarang, dengan "pengetahuan yang jauh lebih banyak" tentang hubungan antara vaksin AstraZeneca dan insiden pembekuan darah yang jarang terjadi dan trombosit yang rendah, Norwegia harus menghentikan penggunaan vaksin tersebut.

Lembaga tersebut memperkirakan bahwa menarik distribusi jab AstraZeneca kemungkinan akan menyebabkan penundaan dalam peluncuran vaksin secara keseluruhan hingga dua minggu.

Bukholm berkata bahwa tidak mudah untuk sampai pada rekomendasi itu. Namun, dia menyarankan agar dia percaya itu adalah langkah yang perlu.

Mereka yang telah menerima dosis pertama vaksin AstraZeneca diharapkan ditawari suntikan virus Corona lagi sebagai dosis kedua.

Namun, lembaga kesehatan masyarakat negara itu mengatakan akan menawarkan lebih banyak informasi tentang program spesifik dalam beberapa hari mendatang.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.