Sukses

Pangeran dan Putri Inggris Akan Iringi Peti Mati Pangeran Philip

Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward akan mengiringi peti Pangeran Philip.

Liputan6.com, Windsor - Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II, akan dimakamkan pada Sabtu 17 April 2021. Para pangeran dan putri dari keluarga inti kerajaan Inggris akan menjadi pengiring peti mati.

Empat anak Pangeran Philip, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward akan mengiringi Land Rover yang menjadi mobil jenazah pada sebuah proses di St George's Chapel, Windsor. Charles dan Anne akan berjalan di depan.

Dilaporkan BBC, Jumat (16/4/2021), Pangeran William dan Pangeran Harry juga akan menjadi pengiring. Kate Middleton akan hadir, namun Meghan Markle tidak datang.

Cucu-cucu yang lain, seperti Putri Eugenie, Putri Beatrice, dan Zara Tindall juga akan hadir.

Para hadirin tidak akan memakai seragam militer, namun dapat memakai medal.

Hadirin pemakaman akan dibatasi karena mengikuti protokol kesehatan COVID-19. Ratu Elizabeth II akan duduk sendirian.

Pangeran Philip meninggal pada usia 99 tahun di Kastil Windsor. Ia meninggalkan seorang istri, empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dubes Inggris Owen Jenkins Kenang Jasa Mendiang Pangeran Philip

 Pangeran Philip, Duke of Edinburgh menghembuskan nafas terakhirnya pada 9 April 2021. Kabar duka tersebut diumumkan oleh Istana Buckingham di Inggris.

Dalam pernyataan tentang wafatnya Yang Mulia Pangeran Philip, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menyampaikan segenap doa dan rasa duka cita mendalam yang menyertai Ratu Elizabeth II, dan Keluarga Kerajaan selama masa berkabung ini. 

"Seperti yang dikatakan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, kita bersatu dalam kesedihan dan rasa syukur. Kita berduka atas meninggalnya Pangeran Philip, dan juga berterima kasih atas dedikasi Pangeran Philip selama hidupnya untuk Inggris dan Persemakmuran," demikian pernyataan Dubes Owen Jenkins, dalam rilis pers Kedutaan Besar Inggris pada Kamis (15/4/2021).

Beliau mengemban tugasnya secara terhormat selama hampir 14 tahun di Angkatan Laut Inggris; mendukung lebih dari 992 badan amal; dan Pangeran Philip adalah sumber kekuatan bagi istri tercintanya, yang setia mendampingi Yang Mulia Ratu Elizabeth II selama 73 tahun.

Dubes Owen Jenkins pun mengenang Pangeran Philip bukan hanya sebagai pahlawan Angkatan Laut yang memerangi fasisme dalam Perang Dunia Kedua, tetapi juga sebagai pencipta Penghargaan Duke of Edinburgh, pendukung setia konservasi, margasatwa dan lingkungan, dan juga sebagai pendamping setia Ratu Elizabeth II.

"Warisan Pangeran Philip dirasakan oleh jutaan orang di Inggris dan di seluruh dunia," tutur Dubes Owen Jenkins.

"Kami yakin karya-karyanya akan terus berlanjut," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Pendukung Berbagai Organisasi

Dubes Owen Jenkins membeberkan sejumlah karya-karya Pangeran Philip, yaitu "dalam karya World Wildlife Fund (WWF) - salah satu badan amal lingkungan terbesar di dunia yang didukung oleh Pangeran Philip selama 31 tahun; beliau juga mendukung aliansi antara pemuka agama dan konservasionis (Alliance of Religions and Conservation (ARC)".

Dikatakan juga, bahwa Pangeran Philip melihat konservasi alam sebagai 'keharusan moral' dimana sains dan agama harus bekerja sama untuk mencapainya.

Kemudian ada juga skema Duke of Edinburgh Award, yang kini beroperasi di 140 negara di dunia - termasuk Indonesia.

"Program ini mendorong kaum muda berusia 14-24 tahun untuk berkontribusi dalam komunitasnya melalui kerja amal, pengalaman berpetualang di alam, dan belajar keterampilan di luar kelas. Seandainya dia tidak melakukan hal lain, Pangeran Philip mungkin akan lebih dikenang melalui skema ini," terang Dubes Owen Jenkins.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.