Sukses

Terungkap, Ini Panggilan Sayang Putri Diana pada Pangeran Philip

Kedekatan antara Pangeran Philip dan Putri Diana terlihat dari panggilan sayang menantu untuk ayah mertuanya.

Liputan6.com, London - Hubungan khusus antara Pangeran Philip dan Putri Diana dikenang saat keluarga kerajaan mempersiapkan pemakaman Duke of Edinburgh pada Sabtu (17/4) mendatang.

24 tahun Philip memberikan kekuatan kepada cucunya dengan bergabung bersama mereka saat mereka berjalan di belakang peti mati Diana di pemakamannya tahun 1997.

Mengutip dari Today, Kamis (15/4/2021), Pangeran Harry dan Pangeran William kemungkinan akan membalas kehormatan dengan berjalan di belakang peti mati Philip selama upacara di dalam Kastil Windsor akhir pekan ini.

Sekilas hubungan antara ibu dan kakek kedua bersaudara itu diberikan selama penyelidikan tahun 2007 tentang kematian Diana dalam kecelakaan mobil di Paris.

Proses persidangan mengungkapkan surat antara Philip, yang meninggal pada tanggal 9 April, dan menantu perempuannya yang ia kirimkan karena pernikahannya dengan putranya Pangeran Charles goyah.

Menurut The Associated Press, Diana menyebut Philip sebagai "Dearest Pa" atau papa sayang dalam surat-surat dari tahun 1992, dan Duke menawarkan untuk membantu memperbaiki masalah perkawinannya.

"Jika diundang, saya akan selalu melakukan yang terbaik untuk membantu Anda dan Charles semampu saya, tetapi saya cukup siap untuk mengakui bahwa saya tidak memiliki bakat sebagai penasihat pernikahan."

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kedekatan Philip dan Diana terlihat dari surat pribadi mereka

Diana dan Philip memiliki ikatan yang sama karena mereka berdua adalah orang luar keluarga kerajaan Inggris.

Philip, yang menikahi Ratu Elizabeth II pada tahun 1947, lahir dari bangsawan Yunani sebelum keluarganya diasingkan dari negara tersebut.

Diana juga menikah dengan keluarga kerajaan setelah tumbuh dalam keluarga bangsawan.

"Dia mencoba membantunya memahami bagaimana rasanya menikah dengan institusi ini," kata sejarawan Inggris NBC News, Andrew Roberts.

Adegan hubungan antara keduanya juga digambarkan dalam season empat dari serial hit Netflix "The Crown".

Aktor Inggris, Tobias Menzies, yang memerankan Philip di musim ketiga dan keempat, memberi tahu Vanity Fair bahwa seseorang dalam produksi telah mendapatkan salinan beberapa surat lama antara Diana dan Philip.

"Saya benar-benar terkesan dengan jenis surat yang seimbang, tenang, cukup lembut untuk surat-surat itu," katanya.

"Dia jelas, di balik layar, bekerja cukup keras untuk memperbaiki hubungan itu. Dan jika surat-surat itu adalah sesuatu yang harus dilalui, dia tampaknya menjadi pendukungnya."

Ada juga tuduhan bahwa Philip mengungkapkan ketidaksenangannya pada Diana.

Menurut AP, kepala pelayannya, Paul Burrell, mengatakan kepada polisi bahwa meskipun beberapa surat bagus, yang lain "tajam dan kejam".

Philip telah membantah laporan media tentang dugaan surat menghina Diana dalam pernyataan resmi pada tahun 2002.

"Surat asli yang dikirim oleh Pangeran Philip kepada Putri tampaknya telah hilang, tetapi dia menyimpan salinan surat-suratnya kepadanya dan dia juga memiliki balasan asli dari Putri," kata juru bicara pers ratu dalam sebuah pernyataan pada saat itu.

"Dia memulai korespondensi pada Juni 1992 dalam upaya persahabatan untuk menyelesaikan sejumlah masalah keluarga yang muncul pada saat menjelang perceraian resmi Pangeran dan Putri Wales pada Desember tahun itu."

"Pangeran Philip ingin memperjelas bahwa dia tidak pernah menggunakan istilah menghina yang dijelaskan dalam laporan media, atau bahwa dia tidak berperasaan dalam apa yang dia tulis," lanjut juru bicara itu.

Cucu Philip sekarang telah bersama lagi untuk pemakamannya, menandai pertama kalinya Harry kembali dengan keluarganya di Inggris sejak wawancara hebatnya dengan Oprah Winfrey bulan lalu.

William dan Harry diharapkan menjadi bagian dari proses formal di dalam Kastil Windsor, yang akan sangat berbeda dari pemakaman umum besar ibu mereka pada tahun 1997.

Sabtu ini akan menjadi upacara yang jauh lebih pribadi daripada pemakaman kerajaan biasanya karena pandemi.

 

Reporter: Veronica Gita

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.