Sukses

2 Wanita di Hong Kong Alami Keguguran, Diduga Usai Terima Vaksin COVID-19 BioNTech

Pakar mengatakan publik tidak boleh langsung mengambil kesimpulan sebelum penyelidikan penuh selesai, karena detail di balik kasus masih belum jelas.

Liputan6.com, Hong Kong - Dua wanita hamil di Hong Kong yang telah menerima vaksin BioNTech Covid-19 mengalami keguguran, meskipun kaitannya dengan suntikan belum diketahui dan otoritas kesehatan sedang menilai kasusnya.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu (14/4) malam, Departemen Kesehatan mengungkapkan telah menerima laporan keguguran pertama setelah imunisasi sejak program vaksinasi virus corona dimulai sekitar dua bulan lalu.

"Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kedua kasus tersebut terkait dengan vaksinasi," kata pernyataan itu.

Berdasarkan laporan SCMP, dalam salah satu kasus, seorang wanita berusia 32 tahun dirawat di Rumah Sakit Queen Mary pada hari Minggu (11/4) karena pendarahan vagina dan sakit perut bagian bawah. Dia mengalami keguguran pada hari yang sama, dengan janin yang meninggal berusia sekitar 23 hingga 24 minggu.

Pernyataan itu juga mengatakan "wanita itu tidak bisa memberikan penjelasan yang jelas tentang informasi kehamilannya".

Dia telah menerima satu dosis vaksin BioNTech buatan Jerman di Pusat Vaksinasi Komunitas Rumah Sakit St Paul pada hari Kamis (8/4). Tidak ada catatan keluhannya merasa tidak enak badan selama observasi di pusat. Pihak berwenang juga tidak menyatakan apakah dia telah menunjukkan kepada staf bahwa dia hamil.

Kasus lain melibatkan wanita 32 tahun lainnya, yang memastikan kehamilannya pada 25 Maret, tetapi mencari perawatan medis di unit kecelakaan dan gawat darurat Rumah Sakit Queen Elizabeth pada 31 Maret karena pendarahan di vagina. Dia ditemukan mengalami keguguran.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Kaitan Pasti Antara Vaksin dan Keguguran

Hingga saat ini, belum ada hubungan antara vaksin dan keguguran. Dua wanita hamil di Hong Kong yang telah menerima vaksin BioNTech Covid-19 mengalami keguguran, meskipun kaitannya dengan suntikan belum diketahui dan otoritas kesehatan sedang menilai kasusnya.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu malam, Departemen Kesehatan mengungkapkan telah menerima laporan keguguran pertama setelah imunisasi sejak program vaksinasi virus corona dimulai sekitar dua bulan lalu.

"Saat ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kedua kasus tersebut terkait dengan vaksinasi," kata pernyataan itu.

Dalam salah satu kasus, seorang wanita berusia 32 tahun dirawat di Rumah Sakit Queen Mary pada hari Minggu karena pendarahan vagina dan sakit perut bagian bawah. Dia mengalami keguguran pada hari yang sama, dengan janin yang meninggal berusia sekitar 23 hingga 24 minggu.

SCMP menjelaskan, Apa yang ada dalam vaksin Covid-19? Pernyataan itu juga mengatakan "wanita itu tidak bisa memberikan penjelasan yang jelas tentang informasi kehamilannya".

Seorang sumber mengatakan pasien di Rumah Sakit Queen Mary dalam kondisi stabil, sementara seorang wanita lainnya telah dipulangkan.

Kedua kasus tersebut terungkap setelah sumber medis memberitahu media tentang insiden tersebut. Departemen tersebut mengatakan telah menerima laporan pada 12 dan 8 April, menimbulkan pertanyaan tentang penundaan dalam mempublikasikannya. Departemen tersebut mengatakan akan merujuk kasus-kasus tersebut ke panel ahli untuk diselidiki.

 

 

3 dari 3 halaman

Tidak Direkomendasikan Saat Hamil

BioNTech mengatakan vaksin Covid-19 tidak "secara rutin direkomendasikan" selama kehamilan, kecuali seseorang dianggap berisiko sangat tinggi terpapar dan komplikasi yang timbul dari virus corona.

Sinovac, produsen vaksin Cina daratan lain yang tersedia di Hong Kong, mengatakan dosisnya tidak boleh diberikan kepada wanita hamil.

William Chui Chun-ming, presiden Society of Hospital Pharmacists, mengatakan masyarakat tidak boleh langsung mengambil kesimpulan sebelum penyelidikan selesai.

“Wanita hamil, yang memiliki penyakit kronis yang tidak stabil seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, akan lebih berisiko terkena efek samping yang parah dari vaksinasi Covid-19, sama seperti orang lain yang mengidap penyakit tersebut,” katanya.

“Tetapi dalam keadaan tertentu, wanita hamil mungkin ingin mendapatkan vaksinasi karena telah terbukti bahwa perlindungannya juga berlaku untuk bayinya.”

The Hong Kong College of Obstetricians and Gynecologists sebelumnya mengatakan tidak merekomendasikan “Covid-19 vaksinasi rutin” untuk wanita hamil karena kurangnya data klinis yang memadai tentang keamanan untuk kelompok ini.

Ia menambahkan bahwa mereka yang mungkin berisiko tinggi mengalami komplikasi parah karena kondisi medis yang mendasarinya harus berdiskusi dengan dokter kandungan mereka sebelum mengambil suntikan.

Hingga Selasa (13/4), 8,2 persen dari 7,5 juta penduduk Hong Kong telah menerima suntikan pertama mereka sejak program inokulasi dimulai pada akhir Februari, sementara 4 persen telah menyelesaikan dua dosis.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.