Sukses

16 April 1946: Pembalap Arthur Chevrolet Meninggal Bunuh Diri

Seperti kakak laki-lakinya Louie, Arthur Chevrolet memiliki pikiran yang kreatif. Dan selain menjadi pembalap, ia juga memegang sejumlah hak paten di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Slidell - Pada 16 April 1946, Arthur Chevrolet, seorang pembalap mobil dan saudara laki-laki dari pembalap Louis Chevrolet, meninggal karena bunuh diri di Slidell, Louisiana.

Berdasarkan History, Louis Chevrolet lahir di Swiss pada tahun 1878, sedangkan tahun kelahiran Arthur terdaftar sebagai tahun 1884 dan 1886. Pada awal tahun 1900-an, Louis dan Arthur, bersama dengan adik laki-laki mereka, Gaston, telah meninggalkan Eropa dan pindah ke Amerika, tempat mereka terlibat di dalam balap mobil.

Pada tahun 1905, Louis mengalahkan legenda balap Barney Oldfield di sebuah acara di New York. Kehebatan balap Louis Chevrolet akhirnya menarik perhatian William C. Durant, yang pada tahun 1908 mendirikan General Motors (GM). Chevrolet mulai berkompetisi dan merancang mobil untuk tim balap Buick GM.

Pada tahun 1911, Chevrolet bekerja sama dengan William Durant untuk memproduksi mobil Chevrolet pertama. Kedua pria itu berselisih tentang jenis mobil yang mereka inginkan, dengan Durant memperdebatkan kendaraan murah untuk bersaing dengan Model T Henry Ford dan Chevrolet mendorong sesuatu yang lebih mewah.

Lalu empat tahun kemudian, Chevrolet menjual sahamnya di perusahaan kepada Durant dan tahun berikutnya Chevrolet Motor Company menjadi bagian dari General Motors.

Selama ini, saudara laki-laki Louis Chevrolet terus balapan dan membuat mobil. Arthur Chevrolet melaju di Indianapolis 500 perdana, yang diadakan pada tahun 1911, meskipun masalah mekanis memaksanya keluar dari balapan dan dia gagal finis.

Dia mencoba lagi di Indy 500 pada tahun 1916, tetapi sekali lagi keluar karena masalah mekanis. Gaston Chevrolet memenangkan Indy 500 pada tahun 1920 dengan mobil Monroe yang dirancang oleh saudara-saudaranya; dia meninggal kemudian tahun itu dalam kecelakaan balap.

Terlepas dari bakat Louis dan Arthur dalam balap dan desain (selain membuat mobil, mereka juga merancang mesin pesawat), mereka hanya memiliki sedikit hadiah untuk keuangan dan sering kali didorong keluar dari usaha mereka sebelum mereka dapat menuai hasil yang pantas untuk mereka.

Pada tahun 1930-an, keduanya bangkrut dan karir balap mereka berakhir. Louis kembali ke Detroit untuk bekerja di divisi Chevrolet GM. Dia meninggal pada tanggal 6 Juni 1941. Saudaranya Arthur meninggal karena bunuh diri lima tahun kemudian. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Chevrolet, Keluarga Pembalap Otomobil Pertama

Pada tahun 1970, Chevrolet meluncurkan kampanye iklan besar-besaran yang mencerminkan sejarah mereka dari tahun 1911 hingga saat ini. Pelanggan disambut dengan buklet yang diterbitkan oleh General Motors berjudul, "The Chevrolet Story 1911-1970".

Saat ini, garis waktu Chevrolet adalah bagian dari sejarah otomotif kita. Dua dari pionir awal yang mendirikan Chevrolet adalah William Crapo “Billy” Durant, salah satu pendiri General Motors pada tahun 1908, dan pengemudi dan insinyur mobil balap Swiss, Louis Chevrolet.

Louie merupakan seorang pengemudi mobil balap, penemu, dan pelopor otomotif. Dia balapan di berbagai acara di seluruh negeri (termasuk Pantai Daytona & Indianapolis), dan merupakan pembalap dominan selama Zaman Keemasan balap mobil. Louie merancang dan membangun mobil penumpang Chevrolet pertama, "Classic Six", dan mendirikan perusahaan yang menyandang namanya.

Sedangkan Arthur, ia berkompetisi di Indy 500 pertama. Seperti kakak laki-lakinya Louie, dia memiliki pikiran yang kreatif, dan memegang sejumlah Paten AS. Pada tahun 1920-an, mobil balap Ford "Fronty" berbasis Model T mendominasi balapan di trek tanah di seluruh AS. Di tahun-tahun berikutnya, Arthur membangun mesin pesawat & diesel, dan selama perang dunia kedua ia mengkhususkan diri pada pembangkit listrik tenaga kelautan.

Terakhir ada Gaston, anggota termuda dari keluarga Chevrolet, dan dia mengikuti jejak kakak laki-lakinya dengan berkompetisi di balapan mobil besar yang disetujui AAA. Dia mencetak sejumlah kemenangan signifikan di trek papan selama musim 1919, dan memenangkan Indy 500 pada tahun 1920. Sayangnya dia kehilangan nyawanya dalam kecelakaan balap di puncak karirnya.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.