Sukses

Joe Biden Mulai Tarik Pasukan AS dari Afghanistan pada 1 Mei 2021

Amerika Serikat akan menarik pasukannya dari Afghanistan mulai Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa saat ini adalah "waktu untuk mengakhiri" perang terpanjang Amerika dengan penarikan pasukan tanpa syarat dari Afghanistan, di mana mereka telah menghabiskan dua dekade dalam pertempuran berdarah yang semakin sia-sia melawan Taliban.

Dijuluki "perang selamanya", serangan militer AS di Afghanistan dimulai sebagai tanggapan atas serangan 11 September 2001 terhadap Amerika Serikat. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Kamis (15/4/2021). 

Kini, 20 tahun kemudian sejak serangan tersebut dimulai - setelah hampir 2.400 militer AS dan puluhan ribu kematian Afghanistan - Biden menyebut 11 September sebagai batas waktu yang akhirnya akan diberangkatkan oleh tentara AS terakhir. Penarikan akan dimulai pada 1 Mei.

Dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional, Biden mengatakan Amerika Serikat telah menyelesaikan misi awalnya yang terbatas untuk menghancurkan kelompok-kelompok jihadis internasional di balik serangan 9/11 dan bahwa setiap tahun alasan untuk tetap tinggal "semakin tidak jelas".

Biden bersikeras tidak akan ada "jalan keluar yang tergesa-gesa", tapi dia bersikukuh tentang keputusannya.

"Serangan mengerikan 20 tahun lalu ... tidak bisa menjelaskan mengapa kami harus tetap di sana pada 2021," katanya. 

"Sudah waktunya untuk mengakhiri perang selamanya."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tarik Pasukan AS

Pemerintah yang didukung secara internasional di Kabul hanya memiliki kendali yang lemah di sebagian besar negara, sementara Taliban semakin kuat, dengan banyak yang memperkirakan pemberontakan akan berusaha untuk mendapatkan kembali kekuasaan total setelah payung militer pemerintah AS disingkirkan.

Biden memberi tahu orang Amerika bahwa sudah waktunya untuk menerima kenyataan.

"Kami tidak dapat melanjutkan siklus memperpanjang atau memperluas kehadiran militer kami di Afghanistan dengan harapan dapat menciptakan kondisi ideal untuk penarikan kami, mengharapkan hasil yang berbeda," katanya.

"Saya sekarang adalah presiden Amerika keempat yang memimpin kehadiran pasukan Amerika di Afghanistan. Dua Republik. Dua Demokrat," katanya. 

"Saya tidak akan menyerahkan tanggung jawab ini kepada presiden yang kelima."

Keputusan Biden tidak mengejutkan. Perang itu sangat tidak populer di kalangan pemilih dan pendahulu Biden, Donald Trump telah berkomitmen untuk mundur pada awal Mei.

"Saya memuji keputusan Presiden Biden," kata Senator Demokrat Chuck Schumer Rabu.

Namun, ada kritik langsung dari beberapa pihak bahwa Amerika Serikat meninggalkan pemerintah Afghanistan dan mendorong pemberontakan ekstremis.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Dukung Afghanistan

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menegaskan setelah panggilan telepon dengan Biden bahwa pasukannya "sepenuhnya mampu" untuk mengendalikan negara.

Biden mengatakan bahwa Washington akan terus mendukung pemerintah Afghanistan, namun tidak hanya "secara militer", menurut kutipan tersebut.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat akan "meminta pertanggungjawaban Taliban" dengan janji untuk mencegah militan internasional mendirikan pangkalan di Afghanistan. Pakistan, yang memiliki hubungan dekat dengan Taliban, harus "berbuat lebih banyak" untuk mendukung Afghanistan.

Tetapi keluarnya AS akan menandai perubahan besar dalam pengaruh pemerintah Kabul yang terkepung dan pasukan keamanan AS dan pasukan keamanan yang dilatih koalisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.