Sukses

Marak Terjadi Pencopetan, Ini 5 Trik Untuk Menghindarinya

Tidak hanya di Indonesia, ternyata copet juga marak di berbagai negara lainnya. Dalam memilih korban pun mereka tak pandang bulu, termasuk turis.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya di Indonesia, ternyata copet juga marak di berbagai negara lainnya. Dalam memilih korban pun mereka tak pandang bulu, termasuk turis dan membuat mereka menjadi merasa tidak aman sekaligus waspada.

Mereka tidak kerja sendirian, melainkan dalam kelompok, sehingga pergerakannya sulit diketahui. Jika Anda berpergian ke sebuah kota di negara lain, ada baiknya menjaga barang bawaan dengan baik. Sebab jika sudah kehilangan pasti akan membuat kerepotan.

Untuk melindungi diri kita sendiri, kita perlu licik seperti mereka dan melihat sesuatu dari sudut pandang mereka.

Dilansir dari Bright Side, berikut beberapa trik yang dapat membantu Anda menjaga barang-barang Anda tetap aman, baik saat Anda bepergian ke luar negeri atau hanya berjalan-jalan.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jangan Menggunakan ATM di Luar

ATM seperti magnet bagi pencopet, dan bahkan dapat bekerja berpasangan untuk mengalihkan perhatian Anda sementara salah satunya merampas uang Anda. Juga, ada pencuri yang akan mencoba melihat nomor PIN Anda dan kemudian mengambil dompet Anda.

Jika Anda perlu menggunakan ATM, gunakan ATM di gedung bisnis atau yang tidak di tempat terbuka. Itu karena ATM di dalam hotel dan restoran memiliki lebih sedikit uang tunai dan kemungkinan besar tidak akan dieksploitasi.

3 dari 6 halaman

Jangan Memeriksa Barang Selama di Luar

Tanda yang mengatakan hal-hal seperti, "Hati-hati dengan pencopet!" adalah seperti apa pencuri. Ini karena kita cenderung memeriksa kantong kita segera setelah melihat tanda itu, yang akan memberi sinyal kepada pencuri di sekitar. Jadi jangan periksa kantong Anda setelah melihat tanda seperti ini.

Jangan mengeluarkan ponsel atau dompet Anda hanya untuk memastikan bahwa Anda masih memilikinya. Mata pencopet akan langsung tertuju pada Anda, terutama jika Anda mengeluarkan barang-barang Anda setelah tertabrak.

Jika Anda perlu melakukannya, berhati-hatilah dan diskusikan agar Anda tidak memberi tanda kepada mereka di mana barang berharga Anda berada.

Selain itu, pencopet mungkin berteriak, "Seseorang mencuri dompet saya!" hanya untuk membuat semua orang berbalik dan memeriksa milik mereka sendiri. Abaikan ini sebanyak yang Anda bisa dan periksa barang berharga Anda dengan lancar tetapi hanya setelah beberapa waktu berlalu.

4 dari 6 halaman

Hindari Menggunakan Tas Berkancing

Jika Anda ingin mengenakan tas saat bepergian, pilih tas yang sulit dijangkau oleh pencuri dan mencuri barang berharga Anda. Tas selempang adalah pilihan yang baik karena pencuri tidak akan bisa begitu saja mengambil dan lari. Hindari tas yang hanya memiliki penutup kancing.

Selain itu, lebih baik membeli tas yang memiliki dua lapisan di dalamnya dengan ritsleting dan penutup kancing yang menutupi lapisan beritsleting. Namun, pencopet yang berpengalaman mungkin bisa membuka ritsleting tas tanpa Anda rasakan, jadi mungkin lebih baik menggunakan ritsleting dengan kunci.

5 dari 6 halaman

Waspadai Kerumunan Orang

Pencopet terkadang bekerja dalam kelompok. Jadi, jika Anda melihat sekelompok orang memasuki gedung yang akan Anda masuki, atau mereka berkumpul di tempat turis dan menyebar, waspadalah. Selain itu, Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka akan mulai bertingkah seperti sedang sendirian.

Pastikan Anda tidak berada di dekat mereka karena mereka menyebar untuk menemukan korban berikutnya. Mereka bahkan mungkin mulai berbicara di telepon saat mereka benar-benar merencanakan sesuatu.

Dan, jika Anda menemukan diri Anda di eskalator dengan beberapa orang di depan Anda dan mereka benar-benar menghalangi Anda untuk lewat, Anda mungkin telah menemukan teknik “sandwich”.

Untuk menghindarinya, simpan tas di depan Anda, di kaki Anda, atau di atas Anda saat Anda berada di eskalator. Jika Anda merasa seperti berada dalam situasi “sandwich”, dengan tegas namun sopan mintalah orang yang ada di depan Anda untuk menyingkir agar Anda bisa lewat.

6 dari 6 halaman

Hindari Berjalan di Dekat Jalan Raya

Terakhir, dan yang paling perlu diperhatikan. Ada pencopet yang suka menyambar tas dan barang berharga dengan mengemudi sendiri. Jadi, saat Anda berada di trotoar, pastikan Anda berada sejauh mungkin dari jalan raya.

Jika Anda bisa, berjalanlah melawan lalu lintas agar Anda bisa lihat kendaraan mendekat. Selain itu, letakkan tas Anda di lengan yang tidak paling dekat dengan jalan.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.