Sukses

4 Hal Ini Buktikan Ada Efek Kesehatan Jika Anda Mengadopsi Anak

Berikut adalah beberapa alasan menurut penelitian mengapa mengadopsi anak dapat membuat dampak positif bagi kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Di Amerika Serikat (AS), sekitar 60.000 anak diadopsi setiap tahunnya oleh sebuah keluarga. Jika diadopsi oleh keluarga yang penuh kasih sayang, anak tersebut dapat disebut beruntung.

Namun, selain mendapatkan anggota keluarga baru, orangtua juga menjadi beruntung dalam aspek kesehatan saat mengadopsi anak.

Dikutip dari Bright Side, Senin (12/4/2021), berikut adalah beberapa alasan menurut penelitian mengapa mengadopsi anak dapat membuat dampak positif bagi kesehatan Anda:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Panjang Umur

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang wanita wanita yang memiliki satu anak angkat memiliki angka kematian yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak.

Studi tersebut menunjukkan bahwa harapan hidup seorang wanita yang memiliki satu anak angkat bertambah lebih dari tiga tahun dan yang memiliki dua anak angkat bertambah lebih dari lima tahun.

Dalam studi yang sama, hasil ayah angkat juga sangat mirip hasilnya dengan para ibu yang menunjukkan bahwa ayah angkat memiliki angka kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang memiliki anak kandung.

2. Mengadopsi Dapat Berdampak Positif bagi Kesehatan

Ilustrasi Kumpul Keluarga | unsplash.com/@kchance8

Saat Anda membuka pintu rumah untuk seorang anak yang membutuhkan, Anda dengan sukarela membuat komitmen untuk membantu dan merawat seseorang baru dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, Anda akan merasakan perasaan dibutuhkan, dicintai, dan dihargai.

Penelitian menunjukkan bhawa membantu dan merawat orang lain dapat membantu Anda hidup lebih lama karena mempunyai dampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan.

 

3 dari 4 halaman

3. Mendorong Perubahan Positif dalam Gaya Hidup

Mengetahui bahwa perkembangan anak bergantung pada diri kita sendiri dapat mendorong Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat seperti memasak makanan sehat di rumah, memiliki jadwal waktu tidur yang teratur, dan menjaga kebersihan rumah demi anak.

Menurut sebuah penelitian, orangtua angkat lebih kecil memiliki kemungkinan untuk mengalami kecelakaan dan penyakit peredaran darah dibandingkan mereka yang tidak memiliki anak.

4. Mengadopsi Anak dari Latar Belakang Berbeda Dapat Berdampak Positif Kesehatan Mental

Ilustrasi Keluarga | unsplash.com/@brandless

Orangtua yang memiliki anak angkat transnasional harus memasukkan aspek budaya asli anak dan harus menjalani pertemanan dengan orang-orang dari etnis yang sama dengan anak tersebut.

Untuk orangtua, mengenal berbagai budaya dapat meningkatkan kreaitvitas yang dapat mengurangi stres dan depresi -- bahkan penyakit kronis.

 

Reporter: Paquita Gadin

4 dari 4 halaman

Infografis 9 Panduan Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.