Sukses

Iran Pamerkan Teknologi Energi Nuklir Barunya, Negara Barat Curigai sebagai Senjata

Iran menampilkan teknologi sentrifugal nuklir baru dan meluncurkan puluhan "prestasi" terkait untuk menandai hari teknologi nuklir nasionalnya dalam upaya untuk menunjukkan program nuklirnya damai.

Liputan6.com, Teheran - Iran menampilkan teknologi sentrifugal nuklir baru dan meluncurkan puluhan "prestasi" terkait untuk menandai hari teknologi nuklir nasionalnya dalam upaya untuk menunjukkan program nuklirnya damai.

Presiden Hassan Rouhani pada Sabtu 10 April 2021 meluncurkan beberapa proyek di seluruh negeri melalui tautan video di Teheran yang disiarkan langsung di televisi nasional, dan pameran 133 inovasi teknologi dengan penggunaan sipil dan medis juga diresmikan.

Tampilan ini muncul setelah minggu pembukaan negosiasi di Wina, Austria, untuk memulihkan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) - kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia - berakhir pada hari Jumat dengan catatan penuh harapan, dan dijadwalkan berlanjut Rabu 14 April 2021.

Di Natanz Isfahan, di mana fasilitas nuklir terbesar Iran berada, Negeri Persia menampilkan sentrifugal nuklir barunya, IR6, yang dianggap sebagai yang paling efisien dan berkelanjutan. Teknologi itu dijadwalkan diproduksi secara massal pada tingkat industri.

Itu dikatakan mampu menghasilkan 10 kali lebih banyak uranium hexafluoride (UF6) daripada IR1, centrifuge generasi pertama Iran.

"Kami dapat melakukan industrialisasi mesin-mesin ini tanpa ketergantungan apa pun di luar negeri," kata insinyur yang menjawab pertanyaan Rouhani, dikutip dari Al Jazeera, Senin (12/4/2021).

Selain itu, tes mekanis dimulai pada centrifuge IR9 top-of-the-line yang memiliki kapasitas separatif 50 SWU.

Juga di Natanz, sebuah unit untuk merakit dan mengevaluasi sentrifugal canggih diluncurkan, di mana insinyur yang hadir mengatakan lebih dari setengah dari semua operasi saat ini mengalami kemajuan.

"Langkah teroris" untuk meledakkan bagian-bagian fasilitas nuklir di Natanz tahun lalu dalam serangan yang dicurigai dilakukan oleh Israel tidak menghentikan kemajuan, kata insinyur itu.

Di Arak, fase kedua produksi industri senyawa deuterium di Fasilitas Reaktor Air Berat Arak diluncurkan oleh presiden, yang juga mengawasi peluncuran unit darurat pertama dari jenisnya yang bertujuan untuk mengobati luka bakar radiasi.

Serangkaian prestasi diperkenalkan di National Centre for Laser Science and Technology di provinsi Alborz, sementara presiden selanjutnya membahas kemajuan di pusat nasional untuk meneliti pemisahan isotop yang stabil.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Negara Barat Khawatir

Setelah proyek-proyek baru diluncurkan, presiden menyampaikan pidato yang disiarkan televisi di mana ia sekali lagi menekankan Iran tidak mencari senjata nuklir, dan menyerang kekuatan Barat karena bertindak berdasarkan anggapan bahwa itu akan terjadi.

"Kekhawatiran yang tidak ditempatkan ini telah menciptakan banyak masalah bagi rakyat kita dalam 15 tahun terakhir," kata Rouhani, merujuk pada sanksi multilateral yang dijatuhkan kepada Iran sebelum kesepakatan nuklirnya yang memberikan keringanan sanksi bagi trotoar pada program nuklir Iran.

Intelijen Barat mempertahankan bahwa Iran berusaha untuk mempersenjata program nuklirnya, rencana yang ditinggalkannya pada tahun 2003.

Israel masih berulang kali mengklaim Iran mengincar senjata nuklir meskipun ada inspeksi menyeluruh terhadap situs nuklirnya oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Rouhani juga mengkritik keras kekuatan dunia dan IAEA karena kurangnya bantuan mereka dalam mengembangkan program nuklir Iran yang damai.

"Kami tidak berutang kepada mereka, mereka berutang kepada kami," kata presiden, seraya menambahkan mereka seharusnya membantu Iran sebagai bagian dari komitmen di bawah Perjanjian Non-Proliferasi.

Beberapa jam sebelum pembukaan kemajuan nuklir terbaru Teheran, kantor berita Reuters mengutip laporan rahasia IAEA bahwa Iran telah memproduksi sejumlah kecil pelat bahan bakar untuk Reaktor Penelitian Teheran, yang berisi 20 persen uranium yang diperkaya.

IAEA dilaporkan mengatakan dalam laporannya bahwa Iran bertujuan untuk memproduksi molybdenum, yang memiliki banyak kegunaan sipil, termasuk dalam pencitraan medis.

Sebagai bagian dari kesepakatan nuklir, pengayaan uranium Iran dibatasi pada 3,67 persen, batas yang dimulai secara bertahap meningkat kembali pada 2019, satu tahun setelah Presiden Amerika Serikat donald Trump secara sepihak meninggalkan kesepakatan nuklir dan mengubah sanksi keras terhadap Iran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.