Sukses

Istana Buckingham Ungkap Detail Pemakaman Pangeran Philip, Harry Akan Datang

Pemakaman Pangeran Philip akan diadakan Sabtu, 17 April 2021, di Kapel St George di Kastil Windsor, Istana Buckingham telah mengumumkan pada Sabtu 10 April 2021 waktu setempat.

Liputan6.com, London - Pemakaman Pangeran Philip akan diadakan Sabtu depan, 17 April 2021, di Kapel St George di Kastil Windsor, Istana Buckingham telah mengumumkan pada Sabtu 10 April 2021 waktu setempat.

Upacara pemakaman kerajaan akan berlangsung pada pukul 15.00 waktu setempat, dengan hanya 30 orang yang hadir karena pembatasan COVID-19.

Istana mengkonfirmasi Pangeran Harry berencana untuk kembali dari rumah barunya di Los Angeles untuk pemakaman, sementara istrinya yang sedang hamil Meghan, Duchess of Sussex, tidak akan hadir atas saran dokternya.

Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, meninggal pada Jumat pagi di Kastil Windsor, berusia 99 tahun.

"Kesempatan itu masih akan merayakan dan mengakui kehidupan Adipati dan lebih dari 70 tahun pelayanannya kepada Ratu, Inggris dan Persemakmuran," kata seorang juru bicara istana seperti dikutip dari ABC Australia, Minggu (11/4/2021).

Ratu telah menyetujui delapan hari berkabung nasional sampai pemakaman, sementara keluarga kerajaan akan mengamati dua minggu berkabung setelah kematian sang pangeran.

Layanan ini akan didahului oleh keheningan menit nasional, tetapi tidak akan ada akses publik atau prosesi publik sebelum pemakaman.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemakaman di Tengah Pandemi

Seorang juru bicara istana mengatakan rencana pemakaman diberikan persetujuan akhir oleh Ratu dan mencerminkan saran pemerintah seputar pembatasan coronavirus, sementara "masih sangat mencerminkan keinginan pribadi adipati".

Pangeran Philip meminta perpisahan "tanpa keributan", tetapi bagaimanapun itu akan menampilkan Land Rover yang dibangun khusus duke membantu desain, yang akan mengambil peti matinya dari Pintu Masuk Negara di Kastil Windsor ke Kapel St George yang berusia 500 tahun sambil diapit oleh pallbearers militer.

Anggota keluarga kerajaan dan rumah tangga Adipati akan berjalan di belakang dalam prosesi ke kapel.

Anggota masyarakat akan diimbau untuk menjauhi Windsor pada hari pemakaman.

Istana Buckingham mengatakan layanan ini akan dihadiri oleh Ratu dan anggota keluarga kerajaan lainnya, dan setelah pemakaman peti mati Adipati akan diintervensi di Royal Vault di dalam Kapel St George.

Kapel ini adalah tempat istirahat terakhir bagi para raja, dengan 10 penguasa Inggris diistirahatkan di sana, termasuk Henry VIII yang sudah enam kali menikah.

Bendera Union Jack yang berkibar setengah tiang di kediaman kerajaan di seluruh negeri akan tetap seperti itu sampai sehari setelah pemakaman.

Downing Street menegaskan Perdana Menteri Boris Johnson tidak akan menghadiri pemakaman, untuk memberi ruang bagi anggota keluarga.

"PM sepanjang ingin bertindak sesuai dengan apa yang terbaik untuk rumah tangga kerajaan, dan sebagainya, untuk memungkinkan sebanyak mungkin anggota keluarga, [dia] tidak akan menghadiri pemakaman," kata juru bicaranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.