Ucapan Belasungkawa atas Kematian Pangeran Philip dari Sederet Pemimpin Dunia

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 11 Apr 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 11 Apr 2021, 13:00 WIB
Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip dalam Kenangan
Perbesar
Penghormatan untuk Pangeran Philip, yang meninggal, diproyeksikan ke layar besar di Piccadilly Circus di London, Jumat (9/4/2021). Pangeran Philip menghabiskan sebulan di rumah sakit awal tahun ini sebelum diperbolehkan pulang pada 16 Maret untuk kembali ke Kastil Windsor. (AP/Alberto Pezzali)

Liputan6.com, Jakarta - Raja, kepala negara dan perdana menteri di seluruh dunia, baik yang masih menjabat maupun tidak, telah mengirimkan penghormatan yang tulus setelah kematian Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, pada usia 99 tahun.

Melansir BBC, Minggu (11/4/2021), kerajaan Eropa dan para pemimpin Persemakmuran sama-sama memuji pengabdiannya terhadap publik yang luar biasa.

Joe Biden menggambarkan Duke sebagai "heck of a guy", dan semua mantan presiden AS yang masih hidup juga mengirim ucapan belasungkawa atas meninggalnya Pangeran Philip.

Paus Fransiskus memberikan penghormatan atas "pengabdiannya pada pernikahan dan keluarganya". Pemimpin Gereja Katolik Roma tersebut juga mencatat "komitmen pangeran terhadap pendidikan dan kemajuan generasi mendatang".

Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, menulis kepada Ratu dan Pangeran Charles, mengatakan bahwa Duke akan dikenang karena menjalani kehidupan yang bermakna.

Presiden Xi Jinping dari China juga menyampaikan belasungkawa kepada Ratu Elizabeth. 

2 dari 3 halaman

Punya Banyak Kenangan

Profil Pangeran Philip yang Jatuh Cinta pada Ratu Elizabeth II hingga Akhir Hayat
Perbesar
Potret Pangeran Philip muda dalam kenangan keluarga Kerajaan Inggris. Potret Pangeran Philip yang tutup usia pada umur 99 tahun. (Dok. Instagram @theroyalfamily/https://instagram.com/theroyalfamily?igshid=zx87he6k6b6r/Dinda Rizky)

Pangeran Philip memiliki hubungan darah dengan sejumlah mantan atau keluarga kerajaan Eropa saat ini, dan banyak dari anggota mereka mengirimkan belasungkawa.

Telegram dari Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol sangat mengharukan, mengirimkan "semua cinta dan kasih sayang kami" kepada Bibi Lilibet (nama penuh kasih yang digunakan oleh adipati untuk istrinya) dan Philip yang terkasih.

"Kami tidak akan pernah melupakan saat-saat kami bersama dengannya," kata mereka kepada Ratu.

Raja Swedia Carl Gustaf mengatakan bahwa Duke telah menjadi "teman baik keluarga kami selama bertahun-tahun, hubungan yang sangat kami hargai". Juru bicara keluarga kerajaan Swedia Margareta Thorgren mengatakan kepada BBC bahwa raja dan Duke telah berlayar bersama di Inggris, menambahkan: "Itu adalah awal dari persahabatan yang hebat di antara mereka."

Keluarga kerajaan Belanda mengatakan mereka mengingat Pangeran Philip dengan sangat hormat, menambahkan: "Kepribadiannya yang hidup membuat kesan yang tak terhapuskan."

Raja Belgia Philippe mengatakan dia dan Ratu Mathilde akan "selalu menghargai kenangan pertemuan hangat kami".

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓