Sukses

Air Goreng, Tren Makanan TikTok yang Berbahaya

Banyak sekali resep makanan yang dapat kita jumpai di TikTok seperti resep unik ini.

Liputan6.com, Jakarta - Konten resep makanan menjadi salah satu tren yang marak di TikTok saat pandemi COVID-19 pertama kali melanda tahun lalu. Namun, ada satu resep makanan yang mungkin untuk beberapa dari kita mengira tidak masuk akal yaitu air goreng.

Dikutip dari Mashable SE Asia, Sabtu (10/4/2021), pada tahun 2016, YouTuber Jonathan Marcus menggunakan zat sepeti gelatin yang disebut kalsium alginat untuk meningkat air menjadi semi-padat.

Ia melapisi butiran air tersebut dengan adonan yang terdiri dari kuning, telur, tepung, dan remah roti panko sebelum di goreng.

 

 **Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memiliki Potensi Berbahaya

Marcus mengatakan kepada Vice bahwa ia terkejut bahwa air bisa menjadi sebuah hidangan. "Pertama-tama, sungguh mengejutkan bahwa Anda dapat mengubah air menjadi hidangan yang dapat dimakan, dan setelah itu akan sedikit lucu untuk digoreng."

"Ada banyak saluran memasak yang melakukannya, tetapi sepertinya tidak ada yang membicarakan tentang kimia di balik polimer yang dapat dimakan ini, yang saya gunakan untuk membuat natrium alginat."

Namun, gumpalan air yang menggorent mempunyai potensi yang sangat berbahaya. Menggabungkan air dan minyak panas mendidih adalah seperti menuangkan bensin di atas api terbuka.

 

Reporter: Paquita Gadin

 

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.