Sukses

Menhan Prabowo Temui Presiden Korsel, Keduanya Sepakat Kerja Sama di Bidang Pertahanan

Indonesia dan Korea Selatan sepakat melakukan kerja sama di bidang pertahanan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Korea Moon Jae-in melakukanpertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto di Seoul, Korea Selatan (Korsel).

Dalam pertemuan tertutup tersebut, Presiden Moon Jae-in menjelaskan, “Sebagai negara yang memiliki kemampuan pertahanan danalutsista yang hebat di tingkat dunia, Korsel akan menjadi mitra kerja sama industripertahanan yang dapat dipercaya."

Presiden Moon Jae-in melanjutkan, “Dalam kerja sama industri pertahanan, Korse ltidak hanya mengekspor barang jadi tapi terus menjalankan kerja sama timbal balik melalui alih teknologi, produksi bersama, serta memasuki pasar negara ke-3 bersama.”

Selain itu, Presiden Moon Jae-in menekankan, “Produksi dan pengembangan bersama alutsista terdepan, seperti pesawat tempur dan kapal selam akan menguntungkan keduanegara secara nyata.”

Menanggapi ini, Menhan Prabowo menyampaikan, “Saya kagum karena Korsel suksesmemajukan negara dan memodernisasi industri dan teknologi. Oleh karena itu, menurutsaya, proyek kerja sama dengan Korsel, termasuk proyek KFX/IFX harus berhasil.”

Dia melanjutkan, “Menhan dan Menteri DAPA Korsel begitu baik hati, maka kami akanberusaha untuk mengatasi hambatan dan kesulitan.”

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Indonesia

Sebelumnya, Menhan Prabowo mengungkapkan, “Kami berkomitmen akan mewujudkan kemauan yang kuat untuk meningkatkan kerja sama pertahanan pada masa depan.”

Menhan Prabowo mengutarakan bahwa kehadiran dirinya pada acara“KFX/IFX Prototype Roll-out Ceremony” menandakan ‘good message’ kepada Menteri DAPA Korsel, sebelum melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Moon Jae-in di Blue House.

Proyek KFX/IFX adalah proyek pengembangan dan pembuatan pesawat tempur generasi berikut secara massal antara Korea dan Indonesia dengan modal 8,8 triliunWon dari tahun 2015 sampai 2028.

Menhan Prabowo telah menunjukkan keinginanyang kuat terhadap kesuksesan proyek KFX/IFX dalam pertemuan dengan PresidenMoon Jae-in. Hal ini dinilai sebagai sesuatu yang berarti.Dalam penutupan pertemuan, Menhan Prabowo meminta bantuan dari Korsel sehubungan dengan proyek ketahanan pangan (food estate).

“Saya selaku Menteri Pertahanan juga memimpin proyek ketahanan pangan Indonesia.” Presiden Moon Jae-in berpesan kepada Menhan Korsel yang hadir dalam pertemuan tersebut, “Tolong koordinasi lebih lanjut agar ini menjadi model kerja sama ekonomi yang baru.”

Presiden Moon Jae-in mengakhiri pertemuan dengan menyampaikan salam kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Menhan Prabowo.

“Sampaika nsalam saya kepada kawan saya, Presiden Jokowi,” tutur Presiden Moon Jae-in

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.