Top 3: Jeddah Tutup 100 Tempat Usaha yang Langgar Protokol COVID-19

Oleh Tommy Kurnia pada 09 Apr 2021, 10:12 WIB
Diperbarui 09 Apr 2021, 10:12 WIB
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Liputan6.com, Jeddah - Pemerintah kota Jeddah di Arab Saudi memberikan sanksi tegas pada 100 tempat usaha yang ketahuan melanggar protokol kesehatan COVID-19. Para warga juga diminta melaporkan bila melihat ada pelanggaran.

Saat ini, Arab Saudi akan mengizinkan menyambut jemaah umrah pada Ramadan 2021. Bersamaan dengan itu, Arab Saudi mengoptimalkan protokol kesehatan di berbagai wilayah.

Arab Saudi juga akan memprioritaskan jemaah haji asal Indonesia.

Berita mengenai Arab Saudi menjadi artikel terpopuler di kanal Liputan6.com pada Jumat (9/4/2021). Berikut daftar artikelnya:

2 dari 6 halaman

1. Pelanggaran Protokol Kesehatan di Jeddah

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Otoritas di Jeddah menindak 100 tempat usaha akibat melanggar protokol-protokol COVID-19. Ribuan inspeksi telah diadakan di kota tersebut.

Dilansir Arab News, daerah-daerah di Arab Saudi sedang menunjang upaya mereka untuk memastikan kepatuhan terhadap pencegahan COVID-19 yang didesain untuk melindungi kesehatan publik.

3 dari 6 halaman

2. Arab Saudi Prioritaskan Jemaah Haji Asal Indonesia

ibadah haji di tengah pandemi COVID-19
Perbesar
Sejumlah jemaah saling jaga jarak saat melakukan tawaf mengelilingi Ka'bah di dalam Masjidil Haram saat melakukan rangkaian ibadah haji di Kota Suci Mekkah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020). Karena pandemi virus corona COVID-19, pemerintah Arab Saudi hanya membolehkan sekitar 10.000 orang. (AP Photo)

Otoritas Arab Saudi telah mengumumkan bahwa ibadah umrah akan dibuka bagi jemaah yang sudah menerima vaksin COVID-19. Kendati demikian, pihaknya masih belum memberi kepastian perihal ibadah haji di masa pandemi COVID-19.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi, mengatakan bahwa otoritas Arab Saudi tengah melakukan proses pengaturan prosedur dan sistem yang akan berubah sepenuhnya akibat pandemi. 

4 dari 6 halaman

3. Kasus Varian Baru di Brasil

Lubang Pemakaman Disiapkan untuk Korban Corona di Sao Paulo
Perbesar
Petugas dengan pakaian pelindung menurunkan peti mati seseorang yang meninggal karena komplikasi COVID-19 ke dalam kuburan di pemakaman Vila Formosa di Sao Paulo, Brasil, Rabu (7/4/2021). Sao Paulo pada Rabu mulai menggali 600 kuburan tambahan setiap hari di pemakaman kotanya (AP Photo/Andre Penner)

Para ilmuwan Brasil memperingatkan bahwa varian baru lainnya mungkin muncul di kota pedalaman Brasil Belo Horizonte.

Universitas Federal Minas Gerais mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua sampel yang diambil di kota itu termasuk kumpulan 18 mutasi yang sebelumnya tak terlihat.

Baca selengkapnya...

5 dari 6 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19
Perbesar
Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓