Sukses

Top 3: Jeddah Tutup 100 Tempat Usaha yang Langgar Protokol COVID-19

Top 3 berita global: Jeddah tindak tempat usaha yang langgar protokol COVID-19, prioritas haji, dan varian di Brasil.

Liputan6.com, Jeddah - Pemerintah kota Jeddah di Arab Saudi memberikan sanksi tegas pada 100 tempat usaha yang ketahuan melanggar protokol kesehatan COVID-19. Para warga juga diminta melaporkan bila melihat ada pelanggaran.

Saat ini, Arab Saudi akan mengizinkan menyambut jemaah umrah pada Ramadan 2021. Bersamaan dengan itu, Arab Saudi mengoptimalkan protokol kesehatan di berbagai wilayah.

Arab Saudi juga akan memprioritaskan jemaah haji asal Indonesia.

Berita mengenai Arab Saudi menjadi artikel terpopuler di kanal Liputan6.com pada Jumat (9/4/2021). Berikut daftar artikelnya:

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pelanggaran Protokol Kesehatan di Jeddah

Otoritas di Jeddah menindak 100 tempat usaha akibat melanggar protokol-protokol COVID-19. Ribuan inspeksi telah diadakan di kota tersebut.

Dilansir Arab News, daerah-daerah di Arab Saudi sedang menunjang upaya mereka untuk memastikan kepatuhan terhadap pencegahan COVID-19 yang didesain untuk melindungi kesehatan publik.

3 dari 5 halaman

2. Arab Saudi Prioritaskan Jemaah Haji Asal Indonesia

Otoritas Arab Saudi telah mengumumkan bahwa ibadah umrah akan dibuka bagi jemaah yang sudah menerima vaksin COVID-19. Kendati demikian, pihaknya masih belum memberi kepastian perihal ibadah haji di masa pandemi COVID-19.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi, mengatakan bahwa otoritas Arab Saudi tengah melakukan proses pengaturan prosedur dan sistem yang akan berubah sepenuhnya akibat pandemi. 

4 dari 5 halaman

3. Kasus Varian Baru di Brasil

Para ilmuwan Brasil memperingatkan bahwa varian baru lainnya mungkin muncul di kota pedalaman Brasil Belo Horizonte.

Universitas Federal Minas Gerais mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua sampel yang diambil di kota itu termasuk kumpulan 18 mutasi yang sebelumnya tak terlihat.

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.