Sukses

Terkenal Paling Bahagia di Dunia, Inilah Rahasia Hidup Orang Skandinavia

Walau mengejutkan, namun ini bukanlah suatu kebetulan. Nyatanya orang Skandinavia memang terkenal sebagai orang paling bahagia di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Negara-negara seperti Norwegia, Denmark, Finlandia, Swedia, dan Islandia sering menduduki peringkat tinggi dalam daftar negara tempat orang-orang merasa paling bahagia dan paling puas dengan hidup mereka. Misalnya, orang Skandinavia ini selalu berada di sepuluh besar dalam Laporan Kebahagiaan Dunia sejak pertama kali diterbitkan pada 2013.

Ini bukan kebetulan, dan pasti ada sesuatu yang istimewa tentang mereka yang membuat mereka menonjol dari negara lain di dunia.

Dilansir dari Bright Side, berikut alasan mengapa orang-orang yang tinggal di negara-negara Nordik itu paling bahagia.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mereka Menghargai Keseimbangan dalam Hidup

Orang Skandinavia tidak berusaha menjadi miliarder. Mereka tahu bagaimana menjadi efisien di tempat kerja dan menikmatinya, tetapi mereka juga menghabiskan banyak waktu dengan keluarga dan teman-teman mereka dan mendedikasikan waktu untuk minat dan hobi mereka.

Dan memiliki sedikit lebih banyak waktu membantu mereka mencapai itu. Misalnya, di Denmark, orang bekerja 37 jam seminggu. Sebagian besar karyawan pulang kerja sekitar pukul 4 sore, sehingga mereka memiliki banyak waktu luang tersisa. Sebagai perbandingan, orang di negara lain sering bekerja lebih dari 40 jam per minggu.

Agar seproduktif mungkin dan menyelesaikan semuanya tepat waktu, orang Denmark tidak membuang waktu untuk mengobrol dengan kolega mereka atau mengambil waktu istirahat untuk menjalankan tugas. Mereka memahami bahwa ini akan memungkinkan mereka menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Selain itu, menggabungkan pekerjaan kantor dan bekerja dari jarak jauh merupakan hal yang umum.

Waktu liburan adalah hal lain yang membuat Denmark menonjol. Karyawan berhak mendapatkan liburan berbayar selama 5 minggu. Dan, karena keseimbangan kehidupan kerja sangat penting bagi mereka, mereka bahkan didorong untuk menerimanya, dan tidak disukai jika tidak. Mereka juga bisa mendapatkan bayaran "cuti stres" ketika keadaan di tempat kerja menjadi sangat buruk sehingga memengaruhi kesehatan mental mereka.

Di Finlandia, karyawan juga memiliki hak untuk mengubah hari kerja mereka 3 jam lebih awal atau lebih lambat. Fleksibilitas ini memungkinkan mereka menjadwalkan hari untuk kenyamanan mereka. Di Norwegia, karyawan yang sakit juga mendapatkan cuti berbayar hingga 3 minggu.

3 dari 6 halaman

Mereka Suka Menghabiskan Waktu di Alam

Menghabiskan waktu di luar ruangan dapat berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental Anda. Dan orang Skandinavia tahu cara memanfaatkan alam semaksimal mungkin. Meski cuaca dingin, mereka tahu bagaimana menikmatinya. Mereka bahkan mengatakan, "Tidak ada yang namanya cuaca buruk, hanya pakaian yang buruk."

Kecintaan mereka untuk menghabiskan waktu di luar rumah memiliki nama - friluftsliv. Ini adalah bagian penting dari hidup mereka, mereka dapat melakukannya dalam cuaca apa pun, dan tidak harus menjadi saat yang besar untuk mendaki di hutan. Sebaliknya, itu sesuatu yang wajar dan biasa bagi mereka.

Bahkan perusahaan mendorong karyawannya untuk berolahraga dan menghabiskan waktu di luar ruangan. Bahkan bisa menjadi kebijakan perusahaan untuk mengalokasikan waktu bagi karyawan mereka untuk menghabiskan waktu di alam selama jam kerja.

4 dari 6 halaman

Ayah dan Ibu Baru Didukung

Di Islandia, ibu baru diberi cuti berbayar selama 9 bulan, dan ayah baru diberikan 3 bulan. Sebagai perbandingan, wanita di AS hanya diberi cuti melahirkan selama 12 minggu, dan tidak dibayar.

Di Swedia, orang tua baru diberikan cuti berbayar hingga 480 hari sambil menerima 80% dari gaji mereka. Ibu hamil dan ibu baru juga diperbolehkan mengurangi jam kerja normalnya hingga 25% hingga anak mereka mencapai usia 8 tahun dan menerima tunjangan anak bulanan hingga anak berusia 16 tahun.

5 dari 6 halaman

Mereka Tidak Stres Tentang Uang

Di banyak negara, orang menghabiskan banyak uang untuk biaya pengobatan atau hanya untuk membayar sekolah dan universitas. Itu tidak terjadi di negara-negara Nordik. Perawatan kesehatan dan pendidikan gratis.

Selain itu, para penganggur juga diberikan dukungan. Mereka memiliki asuransi pengangguran dan tunjangan anak, dan mereka ditawari tempat di program pengalaman kerja.

6 dari 6 halaman

Mereka Mempercayai Orang Lain

Mampu mempercayai orang lain berarti mereka percaya orang lain sama jujurnya dengan mereka dan bahwa setiap orang peduli dengan kebaikan bersama. Jadi interaksi sosial menjadi lebih menyenangkan, begitu pula hubungan yang dibangun orang Skandinavia. Hubungan ini, pada gilirannya, dapat memberi mereka dukungan yang diperlukan.

Negara-negara Nordik juga memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah, sehingga masyarakat merasa lebih aman. Keamanan dan kepercayaan ini dapat memengaruhi kesejahteraan mereka secara positif. Misalnya, orang-orang dari negara-negara Skandinavia percaya bahwa dompet yang hilang akan dikembalikan kepada mereka lebih banyak daripada orang-orang dari negara-negara yang peringkatnya lebih rendah dalam Laporan Kebahagiaan Dunia.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.