Penelitian hingga Produksi Vaksin Jadi Usulan Kerja Sama Indonesia-Inggris dalam Sektor Kesehatan

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 07 Apr 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 12:32 WIB
Press conference Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta pada Rabu (7/4/2021). (Photo credit: Kemlu RI via Zoom).
Perbesar
Press conference Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta pada Rabu (7/4/2021). (Photo credit: Kemlu RI via Zoom).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab kini sedang mengunjungi ke Indonesia dan menghadiri pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. 

Menlu Inggris Dominic Raab, dalam kunjungannya, juga akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno mengatakan bahwa ia telah menyelesaikan Partnership Forum ke-3 dengan Inggris.

"Kami membahas berbagai macam isu tentang kerja sama bilateral, termasuk regional dan global yang menjadi perhatian bersama," kata Menlu Retno, dalam press conference bersama Menlu Inggris Dominic Raab pada Rabu (7/4/2021).

Dalam kerja sama bilateral, Menlu Retno mengatakan bahwa ia meyampaikan tiga poin, yaitu memperkuat kemitraan di bidang kesehatan, upaya pemulihan ekonomi, dan memperkuat kerja sama pertahanan dan keamanan.

Terkait bidang kesehatan, Menlu Retno berharap, Inggris akan terus menunjukkan kepemimpinannya untuk multilateralisme vaksin dan berdiri siap berbagi vaksin dengan negara lain.

"Kami bekerja sama dengan erat," kata Dominic Raab, terkait COVID-19, dalam kerja sama di bidang kesehatan dengan Indonesia.

2 dari 4 halaman

Solidaritas dalam Upaya Akhiri Pandemi COVID-19

London Dilanda Hujan Salju Langka
Perbesar
Warga yang sedang olahraga harian melintasi Regent Street di London di tengah salju saat ibu kota Inggris mengalami hujan salju yang jarang terjadi pada Minggu (24/1/2021). Hujan salju langka itu membawa kegembiraan di tengah penguncian atau penutupan wilayah (lockdown) nasional (JUSTIN TALLIS/AFP)

"Solidaritas dan kerja sama adalah kunci untuk bersama-sama keluar dari pandemi ini," tutur Menlu Retno. Ia juga menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada Inggris untuk terus mendukung Fasilitas COVAX.

"Sebagai ketua bersama COVAX AMC Engagement Group, saya memiliki kewajiban moral untuk melanjutkan mempromosikan kerja sama dalam memastikan akses yang setara ke vaksin untuk semua (orang)," jelas Menlu Retno.

Dominic Raab pun menyampaikan apresiasinya kepada Menlu Retno yang bertugas dalam posisi tersebut.

"Saya ingin mengambil kesempatan untuk memberikan apresiasi khusus kepada Menlu Retno atas caranya memimpin salah satu dari tiga co-chair COVAX, yang merupakan mekanisme global untuk memastikan aksesyang adil ke vaksin," kata Dominic Raab.

Inggris telah melihat 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca mencapai Indonesia melalui COVAX.

"Jadi saya yakin (Indonesia) adalah salah satu negara gelombang pertama yang menerima vaksin COVAX. Kami dari Inggris bangga menjadi salah satu donor terbesar untuk inisiatif ini," kata Dominic Raab.

Inggris, menurut pernyataan Dominic Raab, telah menyumbang banyak untuk mengamankan satu miliar dosis vaksin COVID-19 dalam inisiatif COVAX.

"Kami telah membantu mengumpulkan US$ 1 Miliar melalui pendanaan dengan penyumbang lain," terangnya.

Selain itu, Dominic Raab juga mengatakan, bahwa Inggris menyumbang 5 juta pondsterling untuk kesehatan dan tanggapan ekonomi ASEAN terhadap COVID-19, juga 1 juta pondsterlinguntuk dana tanggapan COVID-19 ASEAN.

Dengan semakin pentingnya isu kesehatan, Menlu Retno pun mengusulkan untuk memasukkan sektor kesehatan sebagai salah satu komponen utama Forum Kemitraan Indonesia dengan Inggris.

Menlu Retno membeberkan beberapa area dimana Indonesia-Inggris bisa bekerja sama, yaitu penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan dan industri farmasi; juga kolaborasi untuk produksi vaksin.

3 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19
Perbesar
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓