Menlu Inggris Dominic Raab Kunjungi Indonesia, Bahas COVID-19 hingga Kudeta Myanmar

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 07 Apr 2021, 11:04 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 11:04 WIB
Ilustrasi Bendera Inggris
Perbesar
Ilustrasi Bendera Inggris (iStock)

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengunjungi Indonesia dan Brunei-Darussalam pekan ini pada 7-9 April 2021.

Menlu Inggris Dominic Raab, dalam kunjungannya di Jakarta, akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Kunjungan itu dilakukan untuk menjalin hubungan bilateral yang lebih erat dengan kedua negara. Selain itu, kunjungan tersebut juga akan membahas tantangan global seperti pandemi COVID-19, perubahan iklim dan kudeta di Myanmar.

"Mereka akan membahas berbagai kerjasama bilateral, serta isu-isu regional dan internasional," kata Kedutaan Besar Inggris dalam rilis persnya pada Rabu (7/4/2021).

Isu lain yang akan menjadi pembahasan termasuk langkah-langkah pemulihan dari dampak pandemi secara ramah lingkungan, tangguh, dan inklusif; bagaimana bekerja sama dalam menegakkan aturan berdasarkan sistem internasional.

Menlu Inggris Dominic Raab juga akan membahas ekonomi dan perdagangan bilateral Indonesia-Inggris.

"Bagaimana membangun kemitraan perdagangan antara Inggris dan Indonesia yang saat ini bernilai £2,7 miliar/tahun," kata Kedubes Inggris dalam rilisnya. Adapun isu perdamaian dan keamanan, lingkungan, kerja sama internasional dan keamanan siber yang akan dibahas oleh Menlu Inggris Dominic Raab.

Tak hanya bertemu Presiden Jokowi dan Menlu Retno Marsudi, Menlu Inggris Dominic Raab juga akan bertemu dengan Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin.

Pertemuan itu akan membahas pentingnya kerjasama internasional dalam kesiapsiagaan pandemi, dan kerjasama bilateral di bidang kesehatan Inggris-Indonesia.

"Termasuk dalam bidang telemedicine, penelitian melalui pendanaan pemerintah Inggris, Newton Fund serta sekuensing genom melalui pendanaan Inggris, Fleming Fund," terang Kedubes Inggris.

Kemudian, Menlu Inggris Dominic Raab juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi "seiring upaya Inggris untuk meningkatkan hubungan yang lebih dekat dengan organisasi yang teramat penting di kawasan ini".

2 dari 4 halaman

Menandai Kunjungan Ke-empat Menlu Inggris Dominic Raab ke Asia Tenggara

FOTO: Libur Lebaran di Tengah Pandemi, MRT Sepi Penumpang
Perbesar
Suasana sepi saat Lebaran di salah satu stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta, Minggu (24/5/2020). Di tengah pandemi virus corona COVID-19, pengguna MRT terpantau sepi dan tak seperti libur Lebaran sebelumnya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kunjungan ini adalah kunjungan keempat Menlu Dominic Raab ke Asia Tenggara sebagai Menteri Luar Negeri Inggris, dan kunjungan pertama sejak dipublikasikannya Integrated Review atau Tinjauan Terpadu.

Kedubes Inggris membeberkan, Integrated Review yang diterbitkan pada 16 Maret, adalah tinjauan komprehensif mengenai kebijakan luar negeri, keamanan, pembangunan, dan pertahanan Inggris.

"Tinjauan tersebut menetapkan bagaimana Inggris akan bekerja sebagai negara yang bertanggung jawab, memecahkan masalah dan berbagi beban - serta menyoroti semakin pentingnya Indo-Pasifik," lanjutnya.

 

Menlu Inggris Dominic Raab pun mengatakan bahwa "peran Indo-Pasifik sangat penting bagi Inggris untuk memanfaatkan peluang ekonomi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan baru di masa depan".

"Kami memperdalam hubungan perdagangan kami. Pengerahan Carrier Strike Group menandai dimulainya era baru kerja sama di bidang pertahanan. Dan Inggris berinvestasi dalam kemitraan jangka panjang sebagai kekuatan untuk kebaikan di kawasan ini," tuturnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste, Owen Jenkins menyampaikan bahwa ia sangat senang menyambut Menlu Inggris Dominic Raab di Indonesia.

Kunjungan ini, Dubes Owen Jenkins menjelaskan, untuk memperkuat persahabatan yang sudah terjalin baik antara Inggris dan Indonesia, dan merupakan bukti awal dari keinginan Inggris untuk lebih fokus di kawasan Indo Pasifik.

Hal itu termasuk fokus pada hubungan Inggris dengan negara-negara seperti Indonesia.

"Kami memiliki kerja sama bilateral yang berkembang di berbagai bidang. Kunjungan ini akan mengeksplorasi di mana kami dapat berbuat lebih banyak, dan kami berharap - membuat kemajuan yang baik," jelas Dubes Owen Jenkins.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓