Minta Pria Berhenti Merokok, Wanita di China Malah Disiram Sup Panas

Oleh Liputan6.com pada 06 Apr 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 18:35 WIB
Gambar Ilustrasi Merokok
Perbesar
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Chengdu - Karena meminta seorang pria untuk berhenti merokok, seorang wanita dengan marga Xiao dan teman-temannya diserang di sebuah restoran dengan disiram sup panas.

Dikutip dari South China Morning Post, Selasa (6/4/2021), Xiao mengunggah video di Weibo yang menunjukkan insiden antara dirinya dan seorang pria yang duduk di meja sebelahnya di sebuah restoran hotpot di kota Chengdu, China

Video yang sudah dilihat 170 juta kali tersebut memperlihatkan bahwa insiden ini terjadi di Weizhi Juemei Frog dan Fish Head Hotpot. Xiao yang sedang makan bersama teman-temannya meminta pria tersebut untuk tidak merokok karena ia memiliki masalah paru-paru.

Pria tersebut kemudian membalas, "Mengapa saya tidak bisa merokok di restoran? Itu bukan urusanmu," dengan nada tinggi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Franchise Restoran Didenda 100 Juta Rupiah

Ilustrasi merokok/Unsplash Pascal
Perbesar
Ilustrasi merokok/Unsplash Pascal

Saat melihat Xiao merekam kejadian itu, pria tersebut mengancam akan menghancurkan ponselnya.

Pria tersebut melempar secangkir sup hotpot kepada Xiao dan empat temannya sebelum Xiao memanggil polisi yang tiba di restoran untuk membawa mereka yang terlibat pergi.

Menurut postingan Xiao di WeChat, pria tersebut meminta maaf kepadanya di bawah mediasi polisi serta memberi kompensasi lebih dari dua juta rupiah untuknya dan teman-temannya untuk biaya jasa cuci pakaian.

Xiao yang merupakan seorang pekerja hak asasi perempuan mengatakan bahwa ia tidak membutuhkan permintaan maaf dan hanya berharap dapat meningkatkan kesadaran publik terhadap masalah asap rokok di dalam ruangan.

"Banyak orang tua, anak-anak, orang seperti saya dengan penyakit paru-paru, dan bahkan orang sehat, tidak ingin menghirup asap rokok orang lain," jelasnya.

"Tidak merokok di tempat umum adalah penghormatan dasar bagi orang lain."

Perusahaan induk restoran tersebut telah menenda franchise atau warabala tersebut lebih dari 100 juta rupiah dan akan mencabut restoran tersebut jika ada kasus yang serupa terulang kembali.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓