Sukses

22 Mumi di Kairo Mesir Ditampilkan dalam Parade Akbar

Konvoi tersebut akan memindahkan 18 raja dan empat ratu dari Museum Mesir ke Museum Nasional Peradaban Mesir.

Liputan6.com, Kairo - Sebuah parade besar akan menampilkan 22 mumi kerajaan Mesir kuno dalam kapsul yang dirancang khusus dan diangkut melintasi ibu kota Kairo ke museum.

Dilansir dari Aljazeera, konvoi tersebut akan mengangkut 18 raja dan empat ratu pada Sabtu (10/4), yang sebagian besar dari Kerajaan Baru, dari Museum Mesir di Lapangan Tahrir Kairo pusat ke Museum Nasional Peradaban Mesir di Fustat, sekitar lima km ke tenggara.

Pihak berwenang menutup jalan di sepanjang Sungai Nil untuk upacara rumit, yang dirancang untuk membangkitkan minat pada koleksi barang antik Mesir yang kaya ketika pariwisata hampir seluruhnya terhenti karena pembatasan terkait COVID-19.

Setiap mumi akan ditempatkan dalam kapsul khusus yang diisi dengan nitrogen untuk memastikan perlindungan, dan kapsul akan dibawa dengan gerobak yang dirancang untuk menggendongnya dan memberikan stabilitas, kata arkeolog Mesir Zahi Hawass.

"Kami memilih Museum Peradaban karena untuk pertama kalinya kami ingin menampilkan mumi secara beradab, berpendidikan, dan bukan untuk hiburan seperti di Museum Mesir," katanya.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih dari Satu Kelompok Ditemukan

Para arkeolog menemukan mumi dalam dua kelompok di kompleks kuil kamar mayat Deir el-Bahari di Luxor dan di Lembah Para Raja di dekatnya dari tahun 1871.

Yang tertua adalah Seqenenre Tao, raja terakhir dari dinasti ke-17, yang memerintah pada abad ke-16 SM dan diperkirakan mengalami kematian yang kejam.

Pawai juga akan menampilkan mumi Ramses II, Seti I, dan Ahmose-Nefertari.

Fustat adalah situs ibu kota Mesir di bawah Dinasti Umayyah setelah penaklukan Arab.

"Dengan melakukannya seperti ini, dengan kemegahan dan keadaan yang luar biasa, mumi mendapatkan haknya," kata Salima Ikram, seorang Egyptologist di American University di Kairo.

"Ini adalah raja-raja Mesir, ini adalah para fir'aun. Jadi, ini adalah cara untuk menunjukkan rasa hormat."

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.