Sukses

Begini Cara Jepang Buka Kembali Sekolah di Masa Pandemi COVID-19

Jepang telah kembali membuka sekolah di masa pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Tokyo - Banyak sekolah di Indonesia tengah bersiap untuk kembali memulai proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19. 

Hal ini dilakukan usai penutupan sekolah akibat pandemi COVID-19 dan pembelajaran yang dilakukan secara daring. 

Berbeda dengan Jepang, rupanya sekolah-sekolah di negara tersebut masih melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tatap muka selama pandemi COVID-19 berlangsung. 

Kendati demikian, protokol kesehatan yang ketat tetap diterapkan dalam proses kegiatan belajar di sekolah. 

Lantas, cara apa saja yang dilakukan Jepang selama memberlakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka di masa pandemi COVID-19?

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan di Sekolah

Mengutip The Japan Times, Senin (5/4/2021), panduan penyelenggaraan kegiatan sekolah selama masa pandemi COVID-19 telah diumumkan oleh Kementerian Jepang. 

Panduan tersebut mengatur supaya sekolah bisa mengurangi dan menangguhkan aktivitas yang berpotensi meningkatkan risiko penularan Virus Corona melalui droplet. 

Sebagai salah satu contoh, panduan tersebut menyarankan agar tidak ada kontak fisik antar siswa selama pelajaran olahraga. 

Kemendikbud Jepang juga terus menegaskan berbagai protokol kesehatan pencegahan COVID-19 mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak dan cuci tangan. 

3 dari 3 halaman

Sekolah Hanya Sekali Seminggu

Selain itu, sekolah juga hanya mengadakan pertemuan satu kali hingga dua kali dalam seminggu bagi para siswanya. 

Untuk mencegah kepadatan berlebih, setiap siswa diizinkan untuk bersekolah hanya sekali atau dua kali dalam minggu ini.

Di Sekolah Menengah Toyama Chubu di kota Toyama, ibu kota prefektur, siswa kelas tiga dibagi menjadi dua kelompok. Siswa dalam satu kelompok bersekolah di pagi hari sedangkan kelompok lainnya hadir pada sore hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.