Sukses

Menlu Retno Marsudi Serahkan 4 WNI Sandera Abu Sayyaf kepada Keluarga

Kemlu RI melakukan serah terima WNI/ABK yang berhasil diselamatkan dalam penyanderaan kelompok Abu Sayyaf Group.

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Luar Negeri RI pada Senin (5/4/2021) mengadakan acara serah terima WNI/ABK yang berhasil diselamatkan dalam penyanderaan kelompok Abu Sayyaf Group (ASG).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala BAIS TNI, Wakil dari BIN, dan Wakil dari Pemda Wakatobi.

"Saya atas nama Pemerintah Indonesia menyerahterimakan empat saudara kita, yaitu Bapak Arsyad, Bapak Arizal, Bapak Riswanto, dan Bapak Kairudin, kepada keluarga," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Keempat WNI tersebut, telah menjadi korban penyanderaan Kelompok Abu Sayyaf selama 427 hari, atau lebih dari 1 tahun 3 bulan.

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah membantu proses pembebasan, khususnya kontribusi dari TNI dan BIN.

Menlu Retno juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Filipina, "yaitu melalui Western MindanaoCommand (Westmincom) yang telah membantu bekerja sama dalam pembebasan sandera in.i"

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perwakilan Keluarga WNI Sampaikan Terima Kasih

"Saya dari pihak yang disandera keluarga, yang sudah ada di depan kami, saya mewakili salah satu keluarga, saya ucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Menteri Luar Negeri beserta jajarannya, juga kepada bapak-bapak TNI yang telah berupaya membantu kepulangan keluarga dan anak kami," kata Zulimin Sima, perwakilan dari keluarga WNI sandera dari Wakatobi Sulawesi Tenggara.

Acara tersebut juga termasuk sesi penandatanganan serah terima keempat WNI oleh Menlu Retno Marsudi.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah COVID-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.