NASA Rilis Penampakan Bukit Pasir Beku di Planet Mars

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 02 Apr 2021, 16:01 WIB
Diperbarui 02 Apr 2021, 16:01 WIB
Penampakan Mars (NASA)
Perbesar
Penampakan Mars (NASA)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto terbaru dari planet Mars yang berhasil mereka tangkap dari kameranya.

Dalam unggahan terbarunya di Instagram, NASA menjelaskan misinya bernama Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) mengambil gambar tersebut.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh NASA (@nasa)

"Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) kami memancarkan kembali gambar menakjubkan yang diambil di Planet Merah (Mars) yang ditangkap oleh kamera HiRISE."

Foto yang berhasil ditangkap oleh misi ini adalah bukit pasir beku yang menakjubkan.

"Kali ini menampilkan gambar bukit pasir beku yang menakjubkan. Hamparan bukit pasir menunjukkan sebuah kawah yang membentang sepanjang lima kilometer, ditemukan di dataran tinggi dataran utara Mars."

2 dari 3 halaman

NASA Mendarat di Mars

Ilustrasi Helikopter Ingenuity NASA yang terbang di Mars. (Gambar: AFP / Handout)
Perbesar
Ilustrasi Helikopter Ingenuity NASA yang terbang di Mars. (Gambar: AFP / Handout)

NASA merilis video terbaru pendaratan di planet Mars pada Februari 2021. Fenomena bersejarah itu dilakukan oleh rover misi antariksa Perseverance. 

Perseverance mendarat di Mars pada 18 Februari 2021 untuk mengumpulkan batuan. 

Video NASA menunjukan video ketika parasut Perseverance terbuka. Suara laporan di video itu menggambarkan kecepatan saat melakukan pendaratan.

Berikutnya terlihat permukaan merah planet Mars yang dipantau kamera Perseverance. Altitude Perserverance terus dilaporkan di video tersebut, seperti saat di ketinggian 7,4 km, lalu 4,2 km, dan seterusnya.

Kamera tampak semakin jelas sebagaimana Perseverance hanya beberapa meter dari daratan. Pola tanah di permukaan Mars terlihat seperti tanah merah yang berpasir, hingga akhirnya melakukan touchdown.

"Perseverance secara aman mencapai permukaan Mars," ujar suara wanita tersebut. Pengumuman itu lantas disambut sorak sorai pegawai NASA yang memantau dari Bumi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓