Sukses

Alasan Sejumlah Orang Tidak Mengalami Mimpi Saat Tidur?

Sains belum dapat sepenuhnya menjelaskan tujuan bermimpi, namun kecil kemungkinan Anda tidak akan pernah bermimpi. Apa yang sebenarnya terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Sains belum dapat sepenuhnya menjelaskan tujuan bermimpi. Ini mungkin cara untuk membantu kita memproses emosi dan memahami dunia. Mungkin itulah sebabnya bahkan mimpi yang paling aneh pun berisi cuplikan realitas.

Menurut Healthline, Anda bisa saja mengingat mimpi dengan detail yang rumit, sejelas apa pun yang pernah Anda alami. Atau Anda mungkin terbangun dengan sedikit mimpi tentang mimpi yang menghilang sebelum Anda dapat menangkapnya sepenuhnya.

Mari kita lihat mengapa Anda mungkin tidak mengingat mimpi, bagaimana hal itu berdampak pada kesehatan, dan tips untuk mengingat mimpi.

 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja Mimpi dan Mengapa Anda Mungkin Tidak Memilikinya

Kita tidak tahu pasti apakah seseorang tidak pernah bermimpi. Kita tahu bahwa beberapa orang jarang, jika pernah, mengingat mimpinya. Jika Anda kesulitan mengingat mimpi, Anda tidak perlu khawatir.

Kebanyakan dari kita mengalami 4 sampai 6 mimpi dalam semalam, tetapi kita melupakan sebagian besar mimpi itu. Mimpi yang paling mungkin Anda ingat adalah mimpi yang Anda alami sebelum bangun tidur.

Mimpi cenderung terjadi selama siklus tidur rapid eye movement (REM). Sebuah studi Trusted Source membantu menjelaskan mengapa kita cenderung melupakan mimpi.

Berikut beberapa penyebabnya:

Gangguan tidur

Gangguan tidur, seperti insomnia dan sleep apnea, dapat membuat Anda tidak memasuki siklus tidur REM. Insomnia dapat meningkatkan risiko Anda untuk:

  • depresi
  • kegelisahan
  • penyakit kardiovaskular
  • diabetes

Faktor lain yang dapat menyebabkan tidur yang buruk meliputi:

  • alkohol
  • tembakau
  • kafein
  • efek samping pengobatan

Depresi

Di antara orang dewasa dengan depresi, hingga 90 persen. Trusted Source melaporkan kesulitan tidur, dan insomnia adalah keluhan yang paling umum. Itu bisa menjelaskan mimpi yang lebih sedikit atau kurang berkesan. Tapi depresi juga bisa meningkatkan mimpi buruk atau mimpi buruk.

Gangguan bipolar

Masalah tidur sangat umum terjadi pada orang dengan gangguan bipolar. Masalah tidur dapat menyebabkan episode mania atau depresi. Antara 69 dan 99 persen orang yang mengalami episode manik mengalami gangguan tidur seperti kurang tidur atau sulit tidur.

Gangguan kecemasan

Insomnia dapat menjadi faktor risiko untuk mengembangkan kecemasan atau akibat dari kecemasan. Masalah tidur dilaporkan oleh orang-orang yang memiliki:

  • gangguan kecemasan umum
  • gangguan obsesif-kompulsif (OCD)
  • gangguan panikfobia
  • gangguan stres pasca-trauma (PTSD)

Meskipun kekurangan tidur REM dapat mengurangi mimpi, orang dengan kecemasan lebih cenderung mengalami mimpi yang menakutkan.

 

3 dari 3 halaman

Bukankah Mimpi Mempengaruhi Kualitas Tidur?

Ada hubungan antara kualitas tidur dan mimpi. Jika Anda mengalami insomnia atau gangguan tidur, Anda mungkin melewatkan tidur REM. Ini adalah tahap di mana Anda kemungkinan besar akan bermimpi.

Kurangnya kualitas tidur dapat memperburuk gangguan kesehatan mental, dan gangguan kesehatan mental dapat memperburuk masalah tidur.

Ketimbang tidak bermimpi sama sekali, kemungkinan besar Anda tidak mengingat mimpi Anda. Dengan sendirinya, tidak bermimpi tidak perlu dikhawatirkan, dan bahkan ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong ingatan mimpi.

Ketika kurangnya mimpi disebabkan oleh kurangnya kualitas tidur, itu lain ceritanya. Tidur yang buruk bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan fisik atau mental. Masalah tidur kronis dapat membahayakan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Gangguan tidur dapat diobati, jadi ada baiknya membuat janji dengan dokter.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.