Sukses

Awalnya karena Keliru Tanggal, Ternyata Begini Sejarah Terciptanya April Mop

Sejarah terciptanya perayaan April Mop.

Liputan6.com, Jakarta - April Mop diperingati pada 1 April setiap tahunnya. Momen usil itu telah dirayakan selama beberapa abad oleh berbagai budaya, meskipun asal-usul tepatnya tetap menjadi misteri.

Tradisi April Mop termasuk bermain hoaks atau lelucon praktis tentang orang lain, sering kali meneriakkan "April Mop!" di akhir petunjuk tentang topik lelucon April Mop.

Mengutip History.com, Kamis (1/4/2021), beberapa sejarawan berspekulasi bahwa Hari April Mop berasal dari tahun 1582, ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang diminta oleh Dewan Trente pada tahun 1563. Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan titik balik musim semi sekitar 1 April. 

Orang-orang yang lamban dalam mendapatkan berita atau gagal menyadari bahwa awal tahun baru telah berpindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi bahan lelucon dan hoax dan disebut "April bodoh".

Gurauan ini termasuk menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai "poisson d'avril" (ikan April), dikatakan melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Festival Kegembiraan

Sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival seperti Hilaria (bahasa Latin untuk kegembiraan ), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele.

Ini melibatkan orang-orang yang berdandan, menyamar dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth.

Ada juga spekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan titik balik musim semi atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara, ketika alam membodohi orang dengan perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18.

Di Skotlandia, tradisi tersebut diadakan menjadi selama dua hari, biasanya dimulai dengan "berburu burung gowk", di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.