Sukses

Tetap Aman Dikonsumsi, Ini Alasan Cangkang Telur Punya Bintik-Bintik Gelap

Pernahkah Anda melihat bintik-bintik gelap pada telur? Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap orang Amerika mengonsumsi rata-rata 279 butir telur pada tahun 2019, menjadikan kuning dan putih telur yang dipenuhi protein sebagai makanan pokok. Rendah kalori dan tinggi lemak sehat, telur serbaguna telah mendapatkan tempatnya di atas meja.

Namun, mengambil telur utuh dari wadahnya bisa menjadi proposisi yang menegangkan. Sementara banyak telur memiliki cangkang yang halus dan tidak bercela, beberapa telur hadir dengan benjolan yang menonjol, perubahan warna, atau bahkan bintik-bintik yang muncul setelah cangkangnya retak.

Mengapa beberapa telur terlihat tidak bagus secara estetika? Dan apakah telur ini aman dikonsumsi?

Dilansir dari Mental Floss, telur kelas AA adalah telur di rak paling atas (atau cangkang atas) yang memiliki kuning telur yang tebal dan putih serta cangkang yang tidak pecah. Telur kelas A pada dasarnya sama, meskipun putihnya tidak harus sekeras. Telur kelas B melonggarkan standar untuk putih dan kuning telur dan cangkang mungkin menunjukkan beberapa noda. Telur ini biasanya ditujukan untuk produk telur cair atau kering.

Telur kelas AA atau A bukan jaminan terhadap perubahan warna. Selain itu, tidak ada perbedaan kualitas yang nyata antara telur coklat dan telur putih. (Warnanya tergantung pada apakah ayam berbulu coklat atau bulu putih yang bertelur.)

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Benjolan atau Tekstur pada Kulit Telur

Dikenal sebagai telur "berbintik", telur ini memiliki bintik-bintik akibat telur yang berputar terlalu lambat saat keluar dari saluran telur ayam, organ seperti tabung yang memproses kuning telur dan menambahkan cangkang serta membran.

Beberapa ayam — seperti Welsummers dan Cuckoo Marans — lebih cenderung bertelur berbintik daripada yang lain. Tidak ada yang salah dengan telur ini dan sangat aman untuk dimakan.

Mereka paling sering disebabkan oleh puing-puing di saluran telur saat cangkang sedang terbentuk. Ketika itu terjadi, kalsium akan diproduksi untuk menutupi puing-puing di dalam cangkang. (Terkadang lebih banyak kalsium akan diproduksi tanpa alasan sama sekali.) Juga tidak ada kekhawatiran di sini. Benjolan kulit telur tidak memengaruhi telur itu sendiri.

Yang ingin Anda hindari pada telur yang baru pecah adalah bintik hitam di dalam kulit telur. Jika Anda melihatnya, kemungkinan jamur atau bakteri telah berakar. Yang terbaik adalah membuang telurnya.

Variabel lain seperti kuning ganda dan putih telur keruh juga umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Beberapa orang bahkan mungkin memperhatikan sedikit darah di kuning telur, yang bisa muncul sebagai bintik coklat tua. Ini adalah akibat dari pembuluh darah yang pecah pada saat ovulasi. Telur ini juga aman dikonsumsi.

Variabel terpenting dalam keamanan telur bukanlah ada tidaknya bintik atau benjolan. Ini menangani dan memasak telur dengan benar. Telur yang dibeli di toko harus disimpan di lemari es dan digunakan dalam waktu tiga minggu setelah pembelian. Telur harus dimasak sampai kuning telur mengeras. Tangan dan permukaan yang telah bersentuhan dengan telur mentah harus dicuci untuk mengurangi risiko tertular Salmonella, sekelompok bakteri penyebab penyakit.

Jika tidak, jangan biarkan penampilan membodohi Anda. Sebagian besar telur utuh aman dikonsumsi.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.