Sukses

Pesona Batik dan Kerajinan Indonesia Curi Perhatian Ibu Negara Turki Emine Erdogan

Ibu Negara Turki, Emine Erdogan antusias menerima tanda mata yang merupakan kerajinan dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara Turki, Emine Erdogan sangat antusias saat menerima tanda mata berupa batik dan tas etnik khas Indonesia (29/03/2021).

Tanda mata tersebut disampaikan oleh Sinta Agathia, istri Duta Besar RI untuk Turki, di kediaman Presiden di lingkungan Istana Kepresidenan Turki di Ankara. Tanda mata tersebut dipesankan khusus dari sejumlah butik produk etnik di Tanah Air.

Sebelumnya, KBRI Ankara pernah mengirimkan masker sutera batik kepada sejumlah pejabat tinggi di Turki dalam rangka mempromosikan batik dan sekaligus memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki tahun 2020 lalu. 

Melalui laman media sosialnya, diketahui bahwa masker sutera kiriman KBRI Ankara tersebut beberapa kali digunakan Emine Erdogan saat menerima Ibu Negara dari negara sahabat.

“Beliau menunjukkan minat dan pengetahuan luas mengenai produk-produk etnik, apalagi mengetahui mayoritas pengrajinnya adalah wanita. Beliau mengajak saya berdiskusi mendalam tentang setiap produk yang saya berikan, khususnya batik dan tas berbahan ketak dari Lombok. Tampaknya beliau tidak hanya melihat keduanya sebagai produk fashion, tetapi sebagai karya seni,” ujar Sinta Agathia. 

“Beliau juga sampaikan beberapa kali kedekatan perasaan beliau dengan Ibu Negara, Iriana Jokowi, dan bangsa Indonesia secara keseluruhan,” imbuh Sinta Agathia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Mata dari KBRI Ankara

Kunjungan Duta Besar RI dan istri kepada Ibu Negara Turki tersebut, selain dalam rangka memberikan tanda mata berupa produk industri kreatif Indonesia, juga untuk menyampaikan undangan kepada Ibu Negara Turki untuk menghadiri fashion show yang akan diselenggarakan KBRI Ankara pada tanggal 7-8 April 2021.

Fashion Show yang akan diikuti oleh 7 desainer terkemuka Indonesia tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan perusahaan inkubator fashion Indonesia Markamarie dan sejumlah sponsor.

Kegiatan fashion diselenggarakan tepat satu minggu sebelum bulan Ramadhan dan sebagian besar akan menampilkan busana muslim.

“Melalui fashion show ini nanti kita ingin mempromosikan kreativitas produk fashion Indonesia dan sekaligus menyediakan platform pertemuan antara desainer dengan fashion reviewers dan strategic buyers," terang Lalu Muhamad Iqbal, Duta Besar RI untuk Turki, tentang rencana penyelenggaraan fashion show tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.