Sukses

Maskapai All Nippon Airways Uji Paspor Digital COVID-19 di Tokyo

Maskapai All Nippon Airways (ANA) menguji paspor digital COVID-19 di Tokyo.

Liputan6.com, Tokyo - Maskapai All Nippon Airways (ANA) melakukan uji coba aplikasi "paspor kesehatan" untuk mengetahui status COVID-19 penumpang. Aplikasi ini bernama CommonPass.

Aplikasi ini adalah satu dari sejumlah paspor kesehatan digital yang dicoba di dunia. Uji coba digelar di Bandara Haneda di Tokyo sebagai upaya agar perjalanan global semakin aman dan mudah.

Menurut laporan Kyodo, Selasa (30/3/2021), aplikasi ini bisa mengetahui hasil tes COVID-19 dan status vaksinasi penumpang. Aplikasi ini tidak akan menungkap status kesehatan lain yang dimiliki penumpang.

Di Bandara Haneda, petugas ANA mengecek smartphone milik penumpang untuk mengkonfirmasi hasil negatif tes COVID-19 di counter check-in penumpang yang berangkat ke New York.

"Sebagaimana prosesnya berjalan mulus, saya bisa menghemat lebih banyak waktu dan energi," ujar Ikuko Osato, seorang perawat dari Fukushima yang ikut uji coba.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Ada Standar Global

CommonPass dikembangkan oleh Commons Project Foundation yang bertujuan meluncurkan platform digital di dunia untuk mengetahui status kesehatan penumpang.

Sebab, tes terhadap virus dinilai tidak memiliki format standar global. Aplikasi ini juga mendapat dukungan World Economic Forum.

Pejabat tinggi ANA berkata berusaha agar pengalaman travel yang lebih aman dan nyaman.

"Uji coba aplikasi CommonPass Health akan memastikan bahwa prosedur-prosedur tersebut dapat menyederhanakan travel internasional serta melindungi privasi penumpang," ujar Juichi Hirasawa, senior vice president for corporate planning ANA.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.