Gedung Putih: Joe Biden Tak Berniat Bertemu dengan Kim Jong-un

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 30 Mar 2021, 17:33 WIB
Diperbarui 30 Mar 2021, 17:33 WIB
Joe Biden dan Kamala Harris Resmi Pimpin Amerika Serikat
Perbesar
Presiden Joe Biden berbicara selama Pelantikan di US Capitol di Washington, Rabu (20/1/2021). Joe Biden mengalahkan Donald Trump di pemilu AS 2020 dengan perolehan 81 juta suara. (AP Photo/Patrick Semansky, Pool)

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden Amerika Serikat Joe Biden tidak berniat untuk bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Hal itu disampaikan oleh Gedung Putih pada Senin (29/3).

Saat ditanya apakah pendekatan diplomatik Biden ke Korea Utara akan mencakup "duduk bersama Presiden Kim Jong-un" seperti yang dilakukan mantan Presiden Donald Trump, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, "Saya pikir pendekatannya akan sangat berbeda dan itu bukan niatnya".

Korea Utara telah meluncurkan rudal balistik taktis jarak pendek pekan lalu.

Peristiwa tersebut mendorong AS untuk meminta digelarnya pertemuan komite sanksi Dewan Keamanan PBB (DK PBB), yang kemudian mengkritik peluncuran rudal tersebut.

Pada 25 Maret 2021, Biden mengatakan bahwa AS tetap terbuka untuk diplomasi dengan Korea Utara meskipun adanya peluncuran itu, tetapi memperingatkan akan ada tanggapan jika Korea Utara meningkatkan masalah, demikian seperti dikutip dari US News, Selasa (30/3/2021).

2 dari 4 halaman

Pernyataan dari Korea Utara Terkait Langkah Pemerintah Biden

AS Setop Perjalanan dari Eropa
Perbesar
Foto 11 Maret 2020, Gedung Putih di Washington DC, Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) mengatakan negaranya akan menangguhkan semua perjalanan dari negara-negara Eropa, kecuali Inggris, selama 30 hari dalam upaya memerangi virus corona Covid-19. (Xinhua/Liu Jie)

Korea Utara pada 27 Maret mengatakan bahwa pemerintah Biden telah mengambil langkah pertama yang salah dan mengungkapkan "permusuhan yang mendalam" dengan mengkritik apa yang disebut uji coba rudal pertahanan.

Pada masa pemerintahannya, Trump mengadakan tiga pertemuan penting dengan Kim Jong-un.

Mereka juga sempat bertukar serangkaian surat. Namun hubungan keduanya kemudian membeku, dan Korea Utara menyatakan tidak akan terlibat lebih jauh kecuali AS membatalkan kebijakannya.

3 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19
Perbesar
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓