Sukses

Seperti Pertamina Balongan, 4 Kilang Minyak di Dunia Ini Pernah Meledak dan Terbakar

Ini adalah deretan peristiwa ledakan dan kebakaran kilang minyak yang terjadi di negara-negara di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat, meledak dan terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat melaporkan satu orang warga Kecamatan Balongan, meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Sementara itu, 23 orang mengalami luka ringan dan 5 orang lainnya mengalami luka berat. Warga sekitar lokasi kebakaran kini telah dievakuasi. 

Selain insiden yang terjadi di kilang minyak Pertamina Balongan, berikut adalah deretan peristiwa ledakan dan kebakaran kilang minyak yang pernah terjadi di negara-negara dunia:

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mumbai, India

Pada 8 Agustus 2018, kebakaran terjadi di kilang minyak di Mumbai, India, dan melukai dua orang.

Kebakaran itu melanda kilang minyak Bharat Petroleum di daerah Chembur.

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 (waktu setempat), menyusul beberapa ledakan. Dua orang yang terluka telah dirawat di rumah sakit," kata seorang petugas pemadam kebakaran, pada saat itu, seperti dilansir Xinhua News.

Sekitar 10 pemadam api pun dikerahkan, untuk menangani kebakaran tersebut, dan penyelidikan untuk mengetahui penyebab ledakan.

3 dari 6 halaman

2. Los Angeles, Amerika Serikat

Pada 26 Februari 2020, sebuah ledakan terjadi di Marathon Refinery, yang terletak di daerah Carson dekat Los Angeles, Amerika Serikat.

Dilansir BBC News, ledakan itu menyebabkan kebakaran besar yang sulit dipadamkan oleh petugas setempat.

Pada saat itu, kepulan api juga mencapai 100 kaki ke udara dan dapat dilihat dari jarak bermil-mil jauhnya.

4 dari 6 halaman

3. Johor, Malaysia

Pada 15 Maret 2020, kebakaran terjadi di komplek kilang minyak milik Petronas di selatan Malaysia, dan Aramco milik Arab Saudi. 

Dikutip dari Channel News Asia, 5 orang tewas akibat kebakaran tersebut. 

Pada saat itu, kebakaran tersebut adalah insiden kedua dalam waktu kurang dari setahun di Pengerang Integrated Complex (PIC) senilai US$ 27 miliar di negara bagian Johor. Malaysia selatan.

"Saat tiba di lokasi, tim mendapati terjadinya ledakan dan kebakaran di unit pembangkit tenaga air diesel yang menggunakan hidrogen untuk membuang limbah belerang dari bahan bakar solar," kata Pauzan Ahmad, pejabat dari departemen kebakaran negara bagian Johor.

5 dari 6 halaman

4. Durban, Afrika Selatan

Kemudian pada 4 Desember 2020, tujuh orang dirawat di rumah sakit setelah ledakan dan kebakaran yang terjadi di kilang minyak dekat pelabuhan di kota Durban, Afrika Selatan. 

Pada saat itu, ledakan terjadi tepat setelah pukul 7 pagi, dan terdengar di seluruh kota dan menyebabkan kebakaran besar yang mengirimkan asap hitam mengepul.

Pihak berwenang pada saat itu tidak segera mengetahui ledakan tersebut.

Ini adalah insiden ledakan kedua yang terjadi di kilang minyak mentah Afrika Selatan pada tahun 2020. 

Sebelumnya, pada Juli 2020, dua insinyur kimia tewas dalam ledakan di kilang minyak di Cape Town yang dijalankan oleh perusahaan berbeda.

6 dari 6 halaman

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.