Sukses

Pemeriksaan Kesehatan di Taiwan Ibarat Pergi Berlibur ke Hotel Bintang Lima

Pemeriksaan media dan kesehatan di Taiwan kini sudah tak lagi bersifat kaku. Mereka telah bergerak menuju target kelas atas yang berorientasi terhadap kenyamanan pelanggan.

Liputan6.com, Taipei - Dalam satu dekade terakhir, Taiwan terus melakukan inovasi dan terobosan di bidang layanan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan medis dan kesehatan bukan lagi berupa pemeriksaan dan pemberian resep yang kaku, tetapi bergerak menuju target layanan kelas atas yang berorientasi terhadap kenyamanan pelanggan.

Saat ini, banyak pusat pemeriksaan kesehatan di Taiwan yang telah menggunakan model penanganan "pemisahan antara pemeriksaan dan perawatan", dimana pelanggan tidak melihat ada pasien maupun anggota keluarga yang menjenguk. Hal ini tidak hanya mengurangi risiko infeksi tetapi juga memberikan perlindungan privasi yang menyeluruh.

Pusat pemeriksaan juga akan mengirimkan mobil khusus untuk antar jemput pelanggan, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir dengan masalah transportasi, jelas pihak Taipei Economic Trade Office (TETO) pada press rilis 27 Maret.

Berbeda dengan pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan kelas atas Taiwan dapat menembus batas waktu, dimana hasil pemeriksaan kesehatan dapat diketahui pada hari itu juga. Jika diperlukan obat-obatan untuk pengobatan lanjutan, rumah sakit pemeriksa kesehatan dapat membantu mengatur pengambilan obat di apotek rumah sakit dan membantu menjadwalkan kunjungan kembali sesuai dengan kondisi pelanggan.

Dari pemeriksaan hingga perawatan merupakan layanan satu atap, yang memprioritaskan kenyaman dan akan meringankan kerepotan pelanggan, sesuai dengan motto mereka, yaitu "Pemandangan terindah di Taiwan adalah warganya".

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosedur dan Fasilitas Pusat Pemeriksaan Kesehatan Kelas Atas Taiwan

Selama pemeriksaan kesehatan, ada satu spesialis yang berdedikasi yang sepenuhnya memandu pelanggan menjalankan prosedur pemeriksaan. Dibandingkan dengan pusat pemeriksaan kesehatan umum yang melayani hampir seratus orang dalam satu hari, pusat pemeriksaan kesehatan kelas atas Taiwan memiliki 70 staf medis yang melayani 20 hingga 30 pelanggan, dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan spesialis kapan saja bila dibutuhkan.

Pelanggan juga dapat menikmati makanan segar dan sehat yang disiapkan oleh ahli gizi dan koki di ruang VIP eksklusif, dan mendengarkan detail hasil pemeriksaan kesehatan dan saran penyesuaian gaya hidup dari dokter setelahnya. Selain itu, ahli gizi juga akan membuat rekomendasi pola makan dan penyuluhan kesehatan sesuai kesehatan pelanggan.

Setelah selesai proses pemeriksaan kesehatan, pelanggan juga bisa memilih paket wisata ringan yang direkomendasikan oleh rumah sakit untuk pergi keluar jalan-jalan, yang menjadikan seluruh proses pemeriksaan kesehatan penuh dengan suasana bermartabat dan penuh kenyamanan. 

Tak hanya itu, fokus dari program pengobatan ini pun sudah tidak hanya mengetahui penyakit yang ada di dalam tubuh saja, namun “pencegahan medis”.

Lembaga pemeriksaan kesehatan Taiwan dapat merumuskan berbagai item pengujian yang disesuaikan dengan kebutuhan individu, termasuk hormon, nutrisi, racun, gen, daya tahan otot, dll., kemudian secara akurat menyusun rencana kesehatan pribadi berdasarkan data tersebut.

Selain fasilitas medis, banyak pusat pemeriksaan kesehatan juga memiliki pusat kebugaran, kolam renang, SPA, dan fasilitas lainnya.

Program pemeriksaan kesehatan juga mencakup pengujian kebugaran dan konsultasi ahli, serta dapat merancang program olahraga dan kebugaran eksklusif berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan pelanggan. Kedepannya, pelanggan hanya perlu memindai QR Code yang disediakan oleh pusat pemeriksaan kesehatan untuk menonton tutorial video di rumah tentang kegiatan olahraga pribadi yang nyaman dan penuh perhatian.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.