Sukses

Pakar: Efek Samping Usai Vaksinasi COVID-19 Tanda Imun Tubuh Bekerja Baik

Menurut beberapa dokter, ketika tubuh menunjukkan efek samping setelah melaukan vaksinasi berarti tubuh tersebut bekerja dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dokter mendapatkan pertanyaan tentang kemungkinan efek samping jangka pendek, meskipun terkadang tidak nyaman, setelah suntikan vaksin COVID-19 kedua.

Mereka menekankan bahwa vaksin terus terbukti aman, dan semua efek samping yang umum, seperti kelelahan, nyeri bahu, demam dari dosis kedua vaksin Pfizer-BioNTech atau Moderna adalah normal dan relatif singkat.

Mengutip dari Mashable, Sabtu (27/3/2021), suntikan dosis tunggal, juga dapat memiliki efek yang serupa, meskipun ada bukti bahwa efek sampingnya kurang umum.

Secara keseluruhan, gejala sementara ini adalah sistem kekebalan seseorang yang bekerja saat merespons vaksin.

"Gejala-gejala ini sudah diperkirakan," tegas Dr. Thomas Russo, kepala penyakit menular di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Biomedis Universitas Buffalo.

"Itu adalah sinyal bahwa sistem kekebalan Anda bekerja dan Anda merespons vaksin," tambahnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Reaksi tiap orang berbeda-beda

Yang terpenting, beberapa orang tidak mengalami gejala setelah mendapatkan suntikan kedua dari vaksin dua dosis Pfizer-BioNTech atau Moderna.

Namun hal ini tentunya tidak berarti vaksin tersebut kurang efektif dalam tubuh.

Sebaliknya, tubuh yang berbeda menanggapi vaksin dengan cara yang berbeda, sama seperti kebanyakan dari kita menanggapi virus flu, atau sengatan lebah dengan berbagai cara.

Beberapa dari kita memiliki gejala dengan waktu yang singkat namun beberapa tidak, dan hal ini tidak menjadi masalah.

"Kita semua bereaksi terhadap segala sesuatu secara berbeda," kata Dr. Gulick. "Begitulah sistem kekebalan kita."

3 dari 6 halaman

Efek samping vaksin

Selain kemungkinan rasa sakit, bengkak, atau kemerahan di tempat mendapatkan suntikan, beberapa efek samping potensial juga umum terjadi pada beberapa orang.

Menurut CDC, efek samping tersebut seperti kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, panas dingin, demam, dan mual.

Yang penting, efek samping ini bersifat sementara dan hilang dalam satu hari atau 48 jam atau lebih, menurut Dr. Russo.

Ini bukanlah reaksi parah yang mungkin memerlukan perawatan medis segera, seperti reaksi alergi yang serius (anafilaksis).

"Reaksi ekstrim semacam ini sangat jarang terjadi, terjadi pada urutan hanya satu hingga lima per satu juta orang," kata Dr. Gulick.

Reaksi alergi serius yang jarang terjadi terhadap vaksin Covid tidak biasa dibandingkan dengan vaksin lain karena vaksin Covid-19 ini tidak memiliki tanda bahaya.

Namun, diharapkan kemungkinan efek samping yang lebih ringan setelah dosis Covid kedua.

"Lebih dari separuh orang mungkin mengalami beberapa gejala ringan," jelas Dr. Vin Gupta, seorang dokter perawatan paru dan kritis.

"Kami pikir ini lebih mungkin terjadi setelah dosis kedua," jelas Dr. Gupta, yang juga merupakan asisten profesor afiliasi ilmu metrik kesehatan di Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington.

4 dari 6 halaman

Mengapa efek samping umum terjadi setelah dosis kedua?

Vaksin kedua yang disuntikkan ke tubuh kita akan memasukkan sepotong kode genetik yang tidak berbahaya (disebut mRNA), yang menginstruksikan sel kita untuk membuat hanya bagian dari virus korona (protein lonjakan yang terkenal) yang mengikat sel kita dan menginfeksi kita.

Hal ini memungkinkan sistem kekebalan kita mempersiapkan pertahanan (disebut antibodi) terhadap virus sehingga tidak dapat menempel, di antara membangun pertahanan seluler lainnya.

“Anda mendapatkan bagian dari virus untuk melindungi Anda dari infeksi,” Dr. Russo menjelaskan.

Pada dosis kedua, tubuh kita telah melihat bagian penting dari virus ini, dan sekarang sangat siap untuk meresponsnya.

"Dosis pertama membuat sistem kekebalan menjadi prima," kata Dr. Gulick.

Jadi ketika dosis vaksin kedua (yang bertindak untuk mengisi daya turbo sistem kekebalan kita melawan virus corona) datang, sistem kekebalan bereaksi kuat terhadap ancaman yang dirasakan, dan menghasilkan lebih banyak antibodi.

Akibatnya, kita dapat mengalami beberapa efek umum sebagai suatu respons kekebalan tubuh manusia, seperti demam atau nyeri.

"Itu bagian dari respons tubuh terhadap infeksi," kata Dr. Russo,

"meskipun Anda sebenarnya tidak terkena infeksi," tambahnya.

5 dari 6 halaman

Mengambil cuti untuk beristirahat setelah vaksin

Beberapa dari kita mungkin merasa tidak nyaman mengikuti dosis kedua dengan sakit kepala atau gejala lainnya.

Itulah mengapa bijaksana untuk mempersiapkan kemungkinan itu, dan mengambil cuti kerja jika memang membutuhkannya.

"Jika Anda dapat mengambil hari libur setelah dosis kedua, lakukanlah," saran Dr. Gupta.

"Anggap saja seperti hari salju", kata Dr. Russo.

"Anda mendapatkan selimut dan beberapa Tylenol jika Anda perlu, dan Anda melakukan pesta-pesta. Tetapi hanya sebagian kecil orang yang benar-benar membutuhkan hari vaksinasi," tambahnya.

Kemungkinan gejala yang relatif ringan dan sementara adalah harga kecil yang harus dibayar untuk perlindungan yang diberikan oleh vaksin.

Ketiga vaksin Covid resmi FDA, termasuk vaksin Johnson & Johnson dosis tunggal, adalah pilihan vaksin yang sangat baik. Mereka melindungi dengan baik terhadap gejala secara keseluruhan, dan yang terpenting, semuanya telah terbukti dalam uji klinis (melibatkan puluhan ribu orang) untuk melindungi dari penyakit Covid parah yang mengakibatkan rawat inap dan kematian.

Jadi jangan ragu untuk mendapatkan vaksin Covid atau dosis kedua, tegas Dr. Russo. Vaksin tersebut aman dan membangun kekebalan yang terbukti.

"Vaksin melindungi kita," kata Dr. Gulick.

 

Reporter: Veronica Gita

 

6 dari 6 halaman

Infografis Keluhan Lonjakan Tagihan Rekening Listrik. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.