Sukses

28-3-1939: Berakhirnya Perang Saudara Spanyol yang Berdarah

Hari ini, 83 tahun yang lalu, milisi Republican defenders of Madrid mengibarkan bendera di atas kota menyusul keberhasilan mereka merebut kembali ibu kota Spanyol dan secara efektif mengakhiri perang saudara yang berdarah.

Liputan6.com, Madrid - Hari ini, 83 tahun yang lalu, milisi Republican defenders of Madrid mengibarkan bendera di atas kota menyusul keberhasilan mereka merebut kembali ibu kota Spanyol dan secara efektif mengakhiri perang saudara yang berdarah.

Pada tahun 1931, Raja Spanyol Alfonso XIII menyetujui pemilihan umum untuk memutuskan pemerintahan Spanyol, dan para pemilih sangat ingin untuk menghapuskan monarki dan mendukung didirikannya republik liberal.

Alfonso kemudian pergi ke pengasingan, dan Republik Kedua Spanyol, awalnya didominasi oleh liberal kelas menengah dan sosialis moderat, diproklamasikan.

Selama lima tahun pertama Republik, buruh terorganisir dan radikal kiri memaksa reformasi liberal yang meluas, dan wilayah separatis Spanyol di Catalonia dan provinsi Basque mencapai otonomi.

Aristokrasi, gereja, dan kelompok militer terus menggunakan kekerasan dalam penentangan mereka terhadap Republik Kedua.

Pada Juli 1936, Jenderal Francisco Franco memimpin pemberontakan tentara sayap kanan di Maroko, yang mendorong pembagian Spanyol menjadi dua kelompok kunci: Nasionalis dan Republik.

Pasukan Nasionalis Franco dengan cepat melibas sebagian besar wilayah yang dikuasai Partai Republik di Spanyol tengah dan utara, dan Catalonia menjadi kubu kunci Partai Republik.

Selama 1937, Franco menyatukan pasukan Nasionalis di bawah komando Falange, partai fasis Spanyol, sementara Partai Republik jatuh di bawah kependukan komunis.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disokong Asing

Jerman dan Italia membantu Franco dengan banyak pesawat, tank, dan senjata, sementara Uni Soviet membantu pihak Republik.

Selain itu, sejumlah kecil komunis dan radikal lainnya dari Prancis, Soviet, Amerika, dan di tempat lain membentuk Brigade Internasional untuk membantu tujuan Republik. Kontribusi paling signifikan dari unit-unit asing ini adalah keberhasilan pertahanan Madrid sampai akhir perang.

Pada Juni 1938, Kaum Nasionalis melaju ke Laut Mediterania dan memotong wilayah Republik menjadi dua. Kemudian pada tahun itu, Franco memasang serangan besar terhadap Catalonia.

Pada Januari 1939, ibukotanya, Barcelona, ditangkap, dan segera setelah sisa Catalonia jatuh. Dengan partai Republik menyebabkan semua tetapi hilang, para pemimpinnya berusaha untuk menegosiasikan perdamaian, tetapi Franco menolak.

Pada 28 Maret 1939, Nasionalis yang menang memasuki Madrid dalam kemenangan, dan Perang Saudara Spanyol berakhir. Hingga satu juta nyawa melayang dalam konflik yang paling menghancurkan dalam sejarah Spanyol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.