Sukses

Pertama Kali, Kematian Akibat COVID-19 di Brasil Tembus 3.000 Orang Sehari

Jumlah kematian akibat COVID-19 dalam satu hari telah melampaui angka 3.000.

Liputan6.com, Brasilia - Jumlah kematian harian akibat COVID-19 di Brasil melonjak melewati angka 3.000 untuk pertama kalinya pada Selasa (23/3) ketika negara yang terpukul keras itu berjuang untuk menahan lonjakan kasus yang telah mendorong banyak rumah sakit ke titik puncak.

Kementerian kesehatan mencatat rekor kematian 3.251 dalam 24 jam terakhir, menjadikan jumlah kematian keseluruhan Brasil hampir 299.000 - nomor dua setelah Amerika Serikat. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Rabu (24/3/2021). 

Tonggak sejarah suram terbaru datang pada hari yang sama ketika Presiden Jair Bolsonaro melantik menteri kesehatan keempat dari pandemi tersebut. Bolsonaro tengah menghadapi tekanan untuk mengubah taktik setelah selama ini selalu meremehkan virus dan mengabaikan nasihat ahli untuk menahannya.

Dokter jantung Marcelo Queiroga (55) mengambil alih posisi tersebut dari Eduardo Pazuello, seorang jenderal militer tanpa pengalaman medis yang penanganan COVID-19 banyak dikritik.

Pazuello terutama menghadapi penyelidikan karena gagal memastikan pasokan oksigen ke kota utara Manaus, di mana ada pemandangan mengerikan pada bulan Januari di mana pasien COVID-19 mati lemas hingga meninggal ketika rumah sakit tak lagi mampu menampung pasien baru.

Dua menteri kesehatan pertama Bolsonaro, Dokter Luiz Henrique Mandetta dan Nelson Teich, keduanya berselisih dengan presiden karena membantah saran ahli tentang pengendalian virus.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Kematian Meningkat

Jumlah kematian COVID-19 harian rata-rata Brasil telah meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak awal tahun, menjadi 2.364, di mana saat ini menjadi yang tertinggi di seluruh dunia.

Para ahli mengatakan ledakan itu dipicu oleh virus varian lokal yang diduga lebih menular.

Dalam tanda peringatan baru, kantor kejaksaan mengatakan bahwa kementerian kesehatan telah mengatakan bahwa pasokan oksigen medis berada pada tingkat yang "mengkhawatirkan" di enam dari 27 negara bagian Brasil.

Salah satu pemasok oksigen utama Brasil, perusahaan White Martins, mengatakan pihaknya berlomba untuk memenuhi "peningkatan eksponensial" dalam permintaan hingga 300 persen di beberapa kawasan, kata jaksa dalam sebuah pernyataan.

Sao Paulo, negara bagian dan pusat industri terpadat di Brazil, mengatakan akan mendirikan pabrik oksigen darurat dalam 10 hari dalam kemitraan dengan perusahaan pembuat bir Ambev untuk memasok rumah sakit yang kewalahan.

Negara bagian, dengan populasi 46 juta, telah terpukul oleh gelombang baru COVID-19.

Globo TV melaporkan pekan lalu bahwa setidaknya 135 orang telah meninggal di Sao Paulo menunggu dalam antrean untuk tempat tidur perawatan intensif dengan kasus virus yang dikonfirmasi atau dicurigai.

3 dari 4 halaman

Kapasitas Rumah Sakit Penuh

Di Brasilia, lebih dari 400 orang saat ini sedang mengantri untuk mendapatkan tempat tidur ICU. Video yang beredar secara online menunjukkan jasad-jasad bertumpuk di koridor rumah sakit menunggu transfer ke kamar jenazah.

Enam negara bagian yang pasokan oksigennya paling kritis adalah Acre dan Rondonia di barat laut, Mato Grosso di barat tengah, Amapa di utara, dan Ceara dan Rio Grande do Norte di timur laut, kata jaksa.

Brasil sekarang telah mendaftarkan 12,1 juta infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi, yang juga tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Infografis Pemakaian Masker untuh Cegah COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.